My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bertarung SEO Dengan Marketplace

Untuk penjual penjual online baru, mungkin ada yang ga kenal SEO. Padahal, SEO itu kalau berhasil, hasilnya bisa luar biasa sustain, atau jangka panjang. Masalahnya emang ga mudah supaya strategi SEO kita berhasil.

Kalau saya sih udah bergelut bidang SEO ini sekitar 10 tahunan lah. Walaupun bukan expert, tapi saya ngerti seluk beluknya.. Ngerti istilah istilahnya, dan masih terus berusaha supaya SEO nya berhasil.

Apa itu berhasil? ketika traffic organic ke website jualan saya tinggi..

Seberapa tinggi? saya sih ga muluk2. 100 per hari aja. itu udah OK banget..

Blog ini sebenernya lebih dari 100 view per hari, organic, tanpa iklan. Cuman kan ini blog. bukan produk jualan online.

SEO untuk jualan online tantangannya memang luar biasa, bertarung dengan marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dst.. ini berat. :((

Sepengamatan saya, pertarungan SEO untuk jualan produk online adalah di level kategori. artinya di halaman yang isinya bukan hanya 1 produk, tapi terdiri dari berbagai macem produk. Biasanya adalah hasil search. Google kan search engine, marketplace juga yang paling dominan adalah search engine-nya..

hasil search di Marketplace jadi no 1 di Google Search
hasil search di Marketplace jadi no 1 di Google Search

cobain aja sendiri dengan keyword apapun, top search-nya adalah halaman search dari marketplace.

Dan hampir semua produk yang saya coba Googling, selalu marketplace no 1.

yaudah tinggal ikuti aja struktur website hasil search marketplace tersebut? ya betul. saya akan ikuti. mulai dari slug-nya, mulai dari tata letaknya, meta-descriptionnya, dan seterusnya..

tapi ga semudah itu loh... Inpage structure itu hanya sepersekian pengaruhnya supaya kita muncul di TOP SEARCH, menurut saya yang paling penting adalah traffic dari si website tersebut.

Kaya Shopee, traffic mereka besar sekali, artinya banyak orang suka. Ya Google wajar dong nempatin hasil search engine yang paling atas adalah yang paling orang sukai?

ya begitulah...

SEO ini emang never ending jobs... sejauh ini saya masih mengerjakan SEO sendirian, ya gpp sih, karena ga ada kerjaan harian-nya. Lebih ke ngerubah sesuatu, nunggu, evaluasi, rubah lagi, dan seterusnya. Paling cepet 3 hari sekali.

0 Response to "Bertarung SEO Dengan Marketplace"

Posting Komentar