My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Memilih Konveksi atau Makloon Jahit



Artikel ini cocok buat anda yang bisnis fashion ya. Untuk bukan bisnis fashion, ya lumayan nambah ilmu..

Kalau anda masih bingung antara produksi sendiri atau dilempar ke konveksi / makloon, baca dulu artikel ini: https://www.garoblogz.com/2021/10/produksi-sendiri-atau-maklun-inhouse.html

Nah kalau sudah menetapkan hati untuk ngelempar jahitan, atau pakai jasa konveksi jahit, berikut tips dari saya untuk memilih konveksi jahit.

Nyari yang cocok = (nyaris) impossible

udah 5 tahun saya bersinggungan langsung dengan konveksi jahit, saya berani katakan, kalau nyari yang cocok, anda ga akan ketemu ketemu. Ini adalah prinsip utama dari tips saya. hehe..

Pemilik konveksi itu rata2 generasi "old", sistem kerja juga "old".. jelas berbeda dengan bisnis online, yang serba cepat, serba tercatat, dan lain sebagainya.

Jelas beda kultur antara perusahaan anda, dengan si konveksi. Jelas beda sudut pandang.. Anda maunya gini, si konveksi maunya gitu.. banyak macem lah..  makannya saya menyarankan, daripada nyari yang cocok, lebih baik berusaha adaptasi ke konveksi yang ada. lanjut ke tips selanjutnya

Lokasi Dekat

Dengan kaidah pertama di atas, mau konveksinya dimanapun, kemungkinan besar ga akan cocok dengan bisnis kita. Makannya daripada yang jauh, mending yang deket dong? ya setidaknya cost transportasi jadi bisa diteken.

Jangan gampang percaya

Paling sering terjadi adalah ketepatan waktu selesai jahit.. Jangan gampang percaya.. misalkan dijanjikan 2 minggu, ya ambil lah error 2 minggu + 3 hari.

Contoh lain, misalkan anda request produknya seperti ini seperti itu. Lalu dari si konveksi mengatakan bisa mengerjakannya, ini jangan mudah percaya. Siapkan ekspektasi 80% dari harapan anda. Kecuali bagian2 yang krusial, harus tekankan berulang2.

Kenapa ini bisa terjadi?
karena kebanyakan konveksi itu masih dikelola dengan gaya koboy. tidak ada pencatatan, tidak ada jam kerja yang jelas, sistem masih dengan feeling. Wajar error jadi banyak.

Kalau mereka jago dalam mencatan, jago bikin sistem kerja, tentu ga akan jadi tempat makloon, tapi mungkin udah jadi pabrik atau manufaktur. ya ga?

Jangan libatkan perasaan

Nyambung ke poin2 sebelumnya.. pasti banyak kekecewaaan yang terjadi. Jagan libatkan perasaan.. memang itulah kenyataannya. he he 

Ga perlu marah marah, ingat kembali ke kaidah pertama, bahwa nyari yang cocok itu nyaris impossible. Solusi atas kekecewaaan yang (mungkin) nanti anda hadapi itu cuma 2, yaitu bersabar atau cari vendor konveksi lain.

Kekecewaan terjadi karena expektasi anda tidak tercapai, dimana root cause nya adalah si sistem koboy tadi. Jadi kalau anda mau ga kecewa, anda harus merubah sistem kerja si konveksi, merubah kultur, ini susahnya bukan main. Dan butuh waktu ga sebentar.

Jangan 1 tempat

Jasa konveksi itu bertebaran di mana man, saya rasa persebarannya merata. Khususnya di Bandung / Cimahi, hampir pasti ada kok konveksi di dearah anda. Jadi menurut saya ga akan kesusahan untuk nyari konveksi.. termasuk tempat konveksi saya ada di Kebon Kopi, Cimahi. baca: Harga Jahit Konveksi di Cimahi dan Sekitarnya

Jadi.. jangan bergantung ke 1 tempat, ketika kekecewaan anda memuncak, ya tinggal ga usah dipakai si konveksi tersebut. Misalkan anda punya 100 pcs orderam, bagi ke 2 tempat, 1 tempat 50 pcs, 1 tempat lagi 50 pcs. begitu seterusnya..

Dengan ini, anda jg tenang. Jika 1 "hancur", masih ada 1 lagi.

Jika orderan jahit anda masih terlalu sedikit, saran saya setidaknya anda mempunya nomor kontak konveksi yang lain.

Tau Bargain Poisition

Hati hati! jangan terlalu sering banyak request, neken, atau marah marah. Saya menyarankan di atas untuk sabar, tapi saya tau ini nyaris ga mungkin juga. Saya jg kadang suka marah marah, kadang suka kesal sekali ketika berhadapan dengan konveksi.

Anda harus tau kapan harus push, kapan harus pasrah. yaitu jika bargain anda masih rendah, ga usah push2, perbanyak sabar. Kalau bargain anda sudah tinggi, baru deh berani push push.

Maksud push apa? misalkan ada barang yang harus segera jadi, ya anda mesti push si konveksi

Apa itu bargain rendah? jika si konveksi masih menerima jahitan selain dari anda, artinya bargain anda masih rendah. Ibarat kata, jika si konveksinya "pundung" dengan anda, dengan mudah konveksi tersebut "ngedrop" orderan anda

Apa itu bargain tinggi? kebalikan dari bargain rendah, tingkat ketergantungan konveksi ke anda sudah tinggi. Jadi mau gimana gimana juga, kerjaan anda akan dikerjakan, karena mereka lebih butuh ke anda daripada anda butuh ke mereka.

--

itu aja tips ini, mudah2an ada manfaatnya..

[]

0 Response to "Tips Memilih Konveksi atau Makloon Jahit"

Posting Komentar