My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Promo Gratis Ongkir Bikin Rugi?



Beberapa tahun lalu, Shopee dengan GRATIS ONGKIR-nya berhasil nyabet semua marketplace yang ada.. Meski sekarang marketplace lain juga ngasih gratis ongkir, tetep aja orang2 ingetnya Shopee.. Intinya promo GRATIS ONGKIR itu works! berhasil!

Tapi artikel ini saya ga akan bahas Shopee lebih dalam, saya akan bahas bagaimana jika kita ngadain gratis ongkir mandiri? alias gratis ongkir ke orderan yang melalui WA atau melalui website sendiri.

Saya sudah nyobain ngadain promo gratis ongkir via WA sejak lama, memang ga setiap hari, paling paling hanya minggu ke-3 dari setiap bulannya. Dan alhamdulillah berhasil, dan ga rugi kok.. berikut alasannya..

Fresh Cash

90% pernjualan kami itu dari marketplace, dan di marketplace (sistem escrow), uang itu baru cair kalau barang udah sampai. Sepengalaman saya rata2 itu 3 hari baru cair. artinya ada uang yang nganggur, karena belum cair.

Ini nominalnya lumayan banget, di hari hari biasa sekitara 50jt-an... kalau peakday bisa sampai ratusan juga yang nganggur.


Uang tersebut ga bisa diapa2in, ya iya lah, karena belum cair. Sedangkan kan operasional bisnis harus terus dibiayai. ya ga?

Nah dengan promo gratis ongkir via WA / web sendiri, dimana pelanggan TRANFER DULU... artinya kami dapat fresh cash, lumayan banget untuk menopang bisnis harian kami.. Meskipun aslinya selama ini belum bisa ngalahin omset yang dari marketplace..

Biaya ongkir = 15%-an omzet

Ini pertanyaan paling sering.. Rugi ga kalau ngadain GRATONG sendiri?

Hitungan saya, ongkir yang kami bayar itu sekitar 15%-an dari harga jual.. Dan untuk menjangkau pelanggan (seperti biaya iklan), keluar sekitar 10%an..

ini hampir sama dengan biaya di marketplace! di Marketplace ada biaya layanan 10% utk Shopee Mall, dan iklan sejenisnya biasanya kami keluar 15%-an.. jadi total 25%!

HATI HATI! cost structure produk saya dan anda bisa berbeda. angka 15% ongkir saya, sangat mungkin bisa berbda dengan bisnis anda.

kalau sama aja, kenapa ga GRATONG setiap saat? nyambung nanti di selanjutnya

Conversion rate = 8%-an

Sepengalaman saya, kalau kami berhasil ngasih tau 100 orang kalau lagi GRATONG via WA, 8 orangnya beli! artinya Conversion rate-nya itu 8%! ini besar sekali..

Penyebab utama kenapa ini besar, karena yang kami jangkau adalah HOT MARKET, khususnya orang yang sudah pernah beli produk kami. Harapannya mereka mau order lagi, jika dikasih GRATONG via WA.

Nah itulah mengapa promo GRATONG via WA ini ga bisa setiap hari, karena audience-nya terbatas. Menunggu dari Shopee, Lazada, Tokopedia, dlsb.

Bagaimana caranya?

Untuk ngasih tau promo-nya, pertama jelas yang gratis dan organic dulu:
  • FEED IG
  • STORY IG
  • Status WA
  • dlsb
Jika yang gratisan udah, lanjut ke yang berbayar. Biasanya saya melakukan 2 hal ini:
  • Broadcast WA, saya menggunakan yang resmi. jangan pakai yang ilegal ya, saya jamin cepet keblok
  • Facebook Ads, dengan target audience EXACTLY Database Customer. Database customer yang didapat adalah no HP dari marketplace, lalu kami masukkan ke FB Ads.

0 Response to "Promo Gratis Ongkir Bikin Rugi?"

Posting Komentar