My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Harga Jahit Konveksi di Cimahi dan Sekitarnya

Buat anda yang baru mau memulai bisnis jualan pakaian online, bisa dibaca artikel saya yang ini: https://www.garoblogz.com/2021/03/tips-memulai-bisnis-berjualan-pakaian.html

Pertanyaan paling mendasar kalau mau jualan baju adalah berapa biaya produksinya? dan produksinya dimana?

Untuk anda yang berdomisili di Cimahi dan sekitarnya, ini adalah artikel yang tepat buat anda.

Sebenernya saya ga terlalu mengerti tentang proses jahit, tapi saya punya konveksi yang dihuni 5 orang penjahit. Karena saya ga ngerti, jadinya saya mempercayakan penuh ke karyawan saya untuk mengelola konveksi tersebut.

Meski demikian, dengan berbekal 5 tahun produksi baju, saya tahu berapa harga jahit yang pantas. Khususnya untuk daerah Cimahi dan sekitarnya.

Dasar penentuan harga jahit itu sebenenrya cuma 3:

1. harga pada umumnya

Saya jamin, 95% untuk konveksi rumahan, pasti ga punya standar soal jarga jahit. Jika anda jalan jalan ke konveksi, jangan harap si konveksi menyodorkan katalog beserta price list. Ini terjadi karena konveksi tidak dikelola dengan baik, hanya berdasarkan "feeling" si yang mpunya atau si supervisor.

Beda halnya kalau anda melempar pekerjaan jahit ke pabrik, mereka pasti punya standard harga. Tapi ya anda harus produksi ribuan, atau mungkin minimal puluhan ribu pcs baru pabrik mau nerima proyek tersebut.

Oleh karena itu, wajar sekali kalau konveksi menetapkan harga, mendasar kepada proyek proyek sebelumnya yang pernah mereka garap. Misalkan, kalau konveksi A biasa ngerjain jahit gamis seharga 15rb/pcs, kemungkinan besar proyek proyek selanjutnya mereka menetapkan harga tersebut.

Tapi ga jauh dari situ, ada konveksi B, yang bisa nerima proyek jahit gamis dengan harga 25rb/pcs, kemungkinan si konveksi akan menawarkan di angka sekitaran segitu.

Lokasi dekat, tapi harga berbeda. Ini sanagt wajar terjadi, karena tidak ada standarisasi harga dari setiap konveksi, dan tidak adanya transparansi harga yang bisa dibandingkan 1 dengan yang lainnya.

2. kompleksitas dari baju yang mau dijahit

ya ini jelas lah ya. Makin susah dijahit, ya makin mahal hagra jahitnya. berlaku kebalikan, makin simple dan sederhan, harga jahit juga harusnya tambah murah.

Jahitan susah itu biasanya, banyak kompartemen seperti saku, kancing, kerah, sleting, dan lain sebagainya.

Itulah mengapa, secara umum, menjahit jaket akan lebih mahal ketimbang menjahit kaos.

3. kuantiti dari bajunya

mengingat poin 1, bahwa konveksi tidak punya standarisasi harga. Tapi bargain anda akan naik jika anda menawarkan proyek jahit dengan kuantiti yang banyak. Anda bisa nego harga dengan kuat jika anda ngasih jahitan yang banyak.

Pertanyaannya, seberapa banyak?

sepengelaman saya, 50/hari itu kehitungnya sedikit. Di atas itu boleh dikategorikan sedang. Lalu kalah udah mencapai 500/hari, barulah ini disebut banyak.

Sebenernya ada faktor lain soal kuantiti ini, yaitu kontinuitas proyek jahit yang anda berikan. Misal anda memberikan jahitan 50/hari selama setaun, akan membuat harga jahit lebih murah ketimbang anda memberikan 500pcs, tapi hanya 1 hari saja.

--

balik lagi ke judul, berapa sih harga jahit konveksi di sekitaran Cimahi?

  • kaos oblong berkisar antara 3000 ~ 5500 / pcs
  • kemeja berkisar antara 5000 ~ 15000 / pcs
  • kerudung saja berkisar antara 3000 ~ 7500 / pcs
  • gaims saja berkisar antara 7000 ~ 20000 / pcs
  • celana berkisar antara 7000 ~ 15000 / pcs
harga di atas berdasarkan pengalaman saya, jadi mungkin saja salah. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa konveksi saya, bisa hubungi saya di sini.

0 Response to "Harga Jahit Konveksi di Cimahi dan Sekitarnya"

Posting Komentar