My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Jualan Shopee: Banyak Produk, Banyak Penjualan?



Apa iya makin banyak produk makin banyak penjualan?
banyak yang ga percaya teori ini, bukan karena teori ini salah, tapi ada teori yang seakan akan berlawanan. karena faktanya banyak toko yang produknya sedikit, tapi LAKU KERAS..

ya memang betul, banyak saya lihat toko2 keren di Shopee, yang produknya dikit, paling 20-an, tapi laku keras.. laku abis.. Ini bukan berarti mematahkan teori makin banyak produk = makin banyak penjualan... berikut alasannya..

Harus fair

kalau membandingkan toko orang lain ke toko kita, kita harus fair. Begitu juga membandingkan toko orang lain ke toko lainnya, harus fair.

Kalau yang mau diteliti adalah jumlah produk, maka.... kategorinya harus sama, target pasarnya harus sama, lama toko nya harus sama, range harga juga harus sama.. baru lah bandingkan jumlah produknya, saya yakin yang produknya lebih banyak, pasti lebih banyak penjualannya..

tapi ini ga mungkin, faktanya susah mencari 2 toko yang identik seperti tadi..

intinya ini mempertegas bahwa teori makin banyak produk makin banyak penjualan itu belum terpatahkan.

Direkomendasikan Shopee

Shopee sering ngadain campaign "upload & win", untuk men-trigger seller2 barunya banyak upload produk. Buat apa Shopee kaya gini? sederhana, karena Shopee tau, semakin banyak produk yang ada di platform mereka, artinya semakin baik. Apa itu semakin baik? peluang semakin banyak penjualan jadi bertambah.

Saya juga pernah nanya langsung ke RM saya, apakah ada korelasi antara jumlah SKU LIVE (jumlah produk) dengan product views? doi gak bilang tegas sih, tapi mengindikasikan ya.

lalu saya tanya ulang, kalau untuk kategori fashion muslim, championnya itu berapa SKU yang LIVE? doi bilang 600! berarti ini banyak..

Hitungan peluang sederhana

Sekarang jangan lihat toko orang lain, tapi lihat toko anda sendiri..

Shopee itu ada jutaan produk, mungkin puluhan atau ratusan juta..
setiap produk punya 1 link. katakanlah ada 1jt produk ya, berarti ada 1jt link.

Sekarang jika anda upload hanya 1 produk = 1 link. Maka (jika linear), peluang produk anda dilihat adalah 1 dibagi dengan 1jt = 1 / 1000000

Sekarang bandingkan jika anda upload 100 produk, maka dapet 100 link. Maka peluang anda adalah 100 / 1000000

mana lebih besar.. 1 / 1000000 atau 100 / 1000000 ??

bagaimana kalau 1000 produk? bagaimana kalau 10rb produk? silakan hitung sendiri..

The long tail

Seandaikan anda punya 10 produk yang LIVE di Shopee, dan ada 1 best seller yang pengunjungnya kataknlah 1000 per hari. Apakah sisa 9 produk tersebut yang viewsnya = 0 sama sekali? ga mungkin.. Ada orang yang tertarik ke produk kita, lalu ngepoin produk2 lainnya.. ini memperbesar peluang penjualan meroket..

itu kalau 1 best seller dari 10.

kalau 2 best seller dari 100? 3 best seller dari 100? silakan bayangkan sendiri.

Jadi apa yang harus dilakukan?

hati hati jangan SPAM

Ngejer makin banyak produk bukan berarti lampu hijau supaya upload spam. Apa itu spam? nge-reupload produk orang lain, dan menjadikan diri kita sebagai dropshipper atau reseller.

ini sempat ramai sekitar 3-4 tahun yang lalu, namanya scrapping.. Dan Shopee sudah bersih dari para scrapper ini.

terbaik = launching produk sejenis dengan best seller

Tentu opsi terbaik adalah anda perbanyak produk yang sejenis dengan best seller anda. Jadi orang yang mau beli produk best seller anda, punya pilihan lain, harapannya tambah banyak yang beli.

Cross Selling

Kalau launching produk yang seperti best seller kesusahan, coba jualan juga produk penunjang dari audience anda. ingat yang cocok untuk audience anda.

Jika anda jualan jilbab, audience anda adalah wanita muslim single.. Maka paling logis anda nambah produk seperti tunik, kosmetik, gamis, kulot, dlsb. Ga logis kalau anda malah nambah produk aksesoris mobil.

Jika anda jualan dimsum, audience anda adalah orang yang punya tempat makan dimsum. Maka sangat logis kalau anda jualan juga minyak, plastik, sumpit, saos, dlsb. Peluang dibelinya lebih besar.

inilah namanya cross selling.

Duplikasi Produk

Mungkin ini banyak yang belum tau.
Jadi boleh loh kita upload produk yang sama.. asalkan, foto berbeda, judul berbeda, deskrispsi berbeda. Fisik produk sama, SKU sama, harga sama, itu ga masalah.

ini gak tergolong spam kok, saya melakukan ini sudah 2 tahunan. dan alhamdulillah berhasil.

Intinya nambah2in SKU LIVE di Shopee. makin banyak SKU LIVE artinya apa? kalau ga bisa jawab, baca ulang ke atas

0 Response to "Tips Jualan Shopee: Banyak Produk, Banyak Penjualan?"

Posting Komentar