My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa itu CAPEX / OPEX? Apa itu FIX COST / VARIABLE COST?



pernah denger CAPEX? pernah denger OPEX? pernah denger FIX COST? pernah denger VARIABLE COST?

semua itu sama sama jenis pengeluaran dalam bisnis, tapi dengan sudut pandang yang berbeda. ada yang serupa, tapi tak sama.

CAPEX = Capital Expenditures = Pengeluaran modal

Jenis pengeluaran ini adalah pengeluaran untuk barang / jasa yang hanya dilakukan sekali, umumnya dibayar dengan cash / kontan. Dan umumnya juga pengeluaran CAPEX itu besar besar.

contohnya adalah beli mesin, beli tanah, beli mobil, beli ruko... Barang barang tersebut, untuk mendapatkannya cukup 1x pembayaran kan? karena beli, bukan ngontrak / sewa..

Cuman masalahnya, kalau anda beli tidak kontan, ini akan "jatuh" ke OPEX. lanjut baca..

OPEX = Operating Expenditures = Pengeluaran operasional

kalau CAPEX pengeluaran yang hanya 1x, kalau OPEX pengeluaran yang terus menerus. Bisa harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.

Contohnya adalah biaya sewa kontrakan, biaya sewa mesin, gaji karyawan, pajak mobil, aqua galon, biaya preman, dannn lain sebagainya.. Ini emang banyak banget.


FIX COST = biaya tetap

Umumnya, FIX COST dan VARIABLE COST adalah bagian dari OPEX. yang membedakannya adalah nominal pengeluarannya.

FIX COST adalah pengeluaran yang jumlahnya tetap selama waktu tertentu, tidak dipengaruhi oleh besar / kecilnya produks.

Contoh pengeluaran FIX COST adalah gaji karyawan, kontrakan, internet..

VARIABLE COST = biaya berubah-ubah

Kalau VARIABLE COST, ini terpengaruh dominan oleh jumlah produksi. Jika produksi besar, variable cost akan besar. Juga sebaliknya, jika produksi kecil, variable cost akan kecil.

Contoh: biaya lakban, biaya listrik, biaya kain, biaya kertas, dannn lain sebaginya.



Kenapa ini penting?

Jika anda sudah bisnis, sebenernya pengeluaran pengeluaran di atas pasti sudah anda alami. Tapi ini penting kita menyebut dengan kosakata yang baku, supaya kita lebih mudah belajar tentang bisnis kita.

Kosakata itu penting, ibaratnya, orang kalau mau main bola, ya harus tau istilah istilah / kosakata kosakata di main bola.

Sepengamatan saya, bisnis bisnis zaman now ini lebih mengedepankan OPEX dan VARIABLE COST, alhasil pengeluaran tidak besar, dan difokuskan sumberdaya (khususnya uang) untuk mencari GROWTH USER.

0 Response to "Apa itu CAPEX / OPEX? Apa itu FIX COST / VARIABLE COST?"

Posting Komentar