My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Menulis Blog jadi Tidak Enjoy Lagi

Semenjak 3 bulan ke belakang, saya selalu berusaha untuk ngeblog + ngebuat videonya di Youtube. Dan luar biasa sekali, engagement di Youtube selama 3 bulan ke belakang udah ngalahin engagement blog saya selam 3 tahun! haha..

Mungkin memang orang Indonesia sukanya nonton video daripada baca tulisan..
Mungkin memang traffic naturalnya Youtube sudah besar sekali, dibanding orang yang nge-Google-search..
mungkin... memang..

Selama 3 bulan ini juga, saya selalu bilang bahwa jika ada request konten, boleh tuliskan di kolom komentar Youtube. Alhamdulillah banyak yang request! yang via WA juga lumayan ada beberapa..

Selama 3 bulan ini juga, mulai kebaca, video2 saya mana saja yang disukai.. video mana2 saja yang kurang disukai..


Padahalllll....

Sebelum 3 bulan lalu, saya nulis blog ini dengan enjoy, terserah saya. Apa yang kepikiran di otak, lsg tulis aja di blog.. Tapi setelah masuk berbagai request, dan ketahuan mana yang menarik audience atau tidak, hasilnya saya jadi GA ENJOY untuk ngerjain  blog. Selalu berusaha untuk memenuhi demand, selalu berusaha membahas konteks tertentu, padahal konteks itu lg stuck atau lg bingung..

Terasa oleh saya seperti performer2 terkenal.. penyanyi kek, penari kek, bintang film kek.. Suka ga suka, harus tampil bagus. Lagi ga pengen ngerjain lagu tertentu, tapi kalau diminta oleh penonton, ya HARUS.. hasilnya ya memang capek, ga enjoy.. Katanya sih, alasan ini yang ngebuat musisi musisi muda terkenal bunuh diri.. Untungnya saya bukan musisi, dan sudah lama berusaha untuk meninggalkan musik.

Sebenernya saya cukup seneng kok nulis blog tanpa memerhatikan demand, tanpa memerhatikan harus dibikin video seperti apa. Benefit yang paling terasa buat saya adalah melatih kreativitas, ini terasa banget! BANGET! cobain aja.. Saya sudah 2 tahunan 1 tulisan blog / hari, dampaknya saya kadang mudah terpikirkan solusi untuk masalah2 saya (kreatif).. silakan coba! jika anda kuat :P

Benefit kedua, saya jadi punya jurnal pribadi, punya catatan pribadi khususnya soal buku yang saya baca. Soal buku pun, rasanya ada 4-5 buku yang sudah saya baca, dan belum saya review di blog ini. Padahal biasanya saya setelah baca buku langsung direview di blog ini. Tujuan utamanya bukan supaya orang baca sih, tapi supaya nanti saya bisa BACA ULANG resume saya ketika butuh.. Ini terasa banget loh! daripada harus bongkar2 rak, daripada harus ubek2 Kindle, mending tulis di blog, dan someday tinggal search deh.. mantappp..

ya begitulah.. Mungkin karena ga berharap ada orang yang baca, jadinya saya enjoy bikinnya..

Tulisan ini contohnya, saya mencoba lagi nulis tanpa "demand".. Buka laptop, buka blogger, lsg mulai nulis.. Tanpa sketch, tanpa konsep, langsung POSTING! thats it.

0 Response to "Menulis Blog jadi Tidak Enjoy Lagi"

Posting Komentar