My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Dasar Sukses Dropship / Reseller di Marketplace



Awal mula saya FULL-TIME bisnis adalah jadi reseller orang lain, sebagian reseller sebagian dropship. Itu awal tahun 2016, kalau itu marketplace bukan seperti sekarang.. Kala itu masih "empuk" banget jualan lintas marketplace, karena ga semua seller punya semua akun marketplace.

Tapi sekarang? hampir semua seller punya semua akun marketplace, setidaknya 3 terbesar: Shopee, Tokopedia, Lazada..

Sekarang sih udah ga reseller / dropship, paling juga OEM, alias beli putus produk orang lain ganti labelnya. itupun hanya kurang dari 5% produk saya..

Berangkat dari pengalaman itu, berikut ini tips dasar supaya bisa sukses dropship / reseller di marketplace, menurut pengalaman pribadi saya:

Cari Supplier yang tepat

Saya ga akan bahas tentang cari supplier produk apa, anda bisa baca artikel saya yang lain untuk menentukan produk yang mau anda mulai untuk jual: Beda Pull dan Push Strategy

Ciri supplier yang tepat kurang lebih seperti ini:

merupakan produsen / importir tangan ke 1 2 / agen resmi.. Ini penting, supaya anda bisa mendapatkan harga paling murah, kalau dapet harga udah mahal, akan susah bertahan di marketplace, tau sendiri kan soal perang harga? kalau belum baca ini: Tips Menghadapi Perang Harga di Shopee

cirinya apa kalau supplier tersebut produsen / importir tangan ke 1-2 / agen resmi? ya komparasi aja harganya dengan kompetitor2 lain.. yang paling murah, kemungkinan besar itulah calon supplier anda yang tepat

Stok tebel. Maksud stok tebel itu artinya ready terus barangnya, atau stoknya banyak. Negasinya gini, kalau anda memilih supplier yang stoknya sedikit, di kala anda baru laku jualan, eh stoknya habis, bisa repot.

Fast respon. Ini super penting, meski dia produsen, meski stoknya banyak, kalau slow respon, akan susah anda menjual barang mereka. Apalagi kalau dropship, bisa2 pelanggan anda nanti kabur.

silahkan explore sendiri mencari supplier yang setidaknya memenuhi 3 kriteria di atas.


Foto Sendiri

Kalau sudah menentukan produk yang mau dijual dan sudah nemu supplier yang tepat, saatnya mulai jualan!

Untuk yang dropship, saran saya, ngemodal lah beli minimal 1 pcs... lalu lakukan photoshoot sendiri.

Maksudnya bukan oleh diri sendiri, tapi buat foto produk yang khusus untuk toko anda. Jangan sama dengan si supplier, apalagi sama dengan agen yang lain, ini fatal.

Sekarang jasa fotografi udah banyak banget kok, murah2 lagi.

Jadi di sini anda harus nge-modal beli produk dan jasa fotografi. Gak mungkin tanpa modal.

Judul produk yang tepat

Faktor terpenting supaya produk anda dilihat orang di marketplace adalah foto dan judul produk. Foto udah dibahas di atas.

Untuk judul, saran saya baca dulu ketentuan JUDUL PRODUK YANG BAIK dari setiap marketplace. Materi itu udah disediakan langsung kok oleh Shopee, Lazada, Tokopedia. Saran saya baca dulu tips resmi dari yang mpunya marketplace sebelum nyontoh ke blogger / Youtuber kaya saya.

Jual murah

udah baca soal perang harga di artikel di atas? kalau belum, baca dulu deh.

Kesulitan pertama para seller baru adalah menghadapi persaingan, apalagi persaingan harga. memang berat.

Tapi gpp, harus dihadapi. Untuk awal awal bisnis, jangan berharap untung. Bisa balik modal juga sudah syukur banget.

Saran saya jual lah dengan harga murah, margin +10% udah cukup banget, bagus kalau berani jual dengan harga modal, atau harga yang anda beli ke supplier.

Oya hati2, mungkin ada supplier yang ngasih peraturan harga, kalau udah seperti ini, ya ikuti aja ketentuan supplier tersebut. Jual se-murah mungkin, tanpa melanggar peraturan tersebut.

Lah kalau jualan tanpa margin lantas kapan untungnya? sabar....
Sepengalaman saya, dalam 1 tahun anda bisnis ga rugi juga itu udah bagus banget, jangan berharap hasil instant.
Dengan jual rugi, atau merugi ini anda akan BANYAK SEKALI belajar.. belajar memahami pasar, belajar fitur2 marketplace, daaaannn masih banyak lagi.. Ini modal sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda, bukan uang!

ada juga teknik jual rugi, bisa baca di sini: Tips Jual Murah / Jual Rugi

juga nyambung ke poin selanjutnya...

Jangka menengah: jadi supplier / produksi sendiri

menurut anda, supplier anda dapet untung ga? pasti dapet.. dengan anda membeli dari mereka, katakanlah 100rb rupiah / pcs, mereka suda dapat profit. Jika anda masih menjadi agen, dengan jualan 100rb rupiah / pcs, anda ga dapet untung.. Tapi kalau anda jadi supplier juga?

Nah mulailah berpikir untuk memproduksi sendiri produk2 anda... Atau menjadi importir langsung.. Syaratnya, anda harus udah punya pasar, anda sudah tau produk2 mana saja yang laku di toko anda.

Menurut saya, setidaknya butuh waktu setahun untuk memulai ini. Setelah itu tantangannya akan beberda... Bagaimana menekan HPP, karyawan jadi tambah banyak, bagaimana menghadapi bea cukai, dannn lain sebagainya...

0 Response to "Tips Dasar Sukses Dropship / Reseller di Marketplace"

Posting Komentar