My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Beda Pull dan Push Strategy

Strategi push (teken) dan strategi pull (tarik) hal yang umum di dunia bisnis. Ini penting kalau anda baru mulai bisni..

Arti push strategy

Sesuai artinya, push kan teken atau dorong. Jadi anda mendorong sesuatu untuk memulai bisnis. Artinya nda punyanya apa, anda dorong ke market. Bahasa gaulnya, anda punya supply apa baru cari demandnya..

Supply di sini bukan berarti hanya barang loh ya.. Bisa juga jasa.. Misalkan anda punya kemampuan untuk photography, ya anda cari demand photography untuk dijadikan bisnis anda.

Arti pull strategy

Kebalikan dari push strategy.. Strategi ini, dimulai dari melihat market butuhnya apa, lalu mencari kebutuhan market tersebut.. Di sini anda harus jeli melihat kebutuhan market.

Mana lebih baik, push atau pull?

Tidak ada jawaban pasti... Kalau menurut saya, lebih mudah pull strategi daripada push.

Kalau pull strategi, kita ga perlu ngemodal dulu di awal.. Tinggal analisis kebutuhan pasar, lalu cari barang atau jasanya. Dan pasar itu luas sekali, bisa pasar keluarga anda, bisa tetangga anda, teman sekolah, dan lain sebagainya...

Sedangkan push, ini menurut saya agak susah.. Biasanya terjadi kalau orang punya kenalan supplier, kenal dekat, sehingga percaya bisa dapat harga bagus.. Tapi mencari market untuk barang tersebut ga mudah, belum lagi anda kan ga se-berpengalaman teman anda tersebut.

Oya push strategy mungkin akan lebih gampang kalau anda mau jadi self-employee. Jadi melihat kompetensi anda punyanya apa, lalu coba terjun ke pasar tersebut.

Contoh push dan pull strategy

Pada umumnya, push market itu untuk barang barang yang unik atau niche... Misalkan anda jago bikin patung, ini kan barang yang ga umum dicari orang.. Anda harus jeli mencari pasarnya.

Kalau pull, biasanya untuk barang2 generik.. Melihat potensi pasar di mana, lalu mencari barang atau jasa nya. Biasanya yang terlihat oleh pemula adalah peluang peluang yang umum. Seperti potensi pasar baju muslim, potensi pasar cemilan, dan seterusnya.

Pilih mana untuk bisnis pemula?

kesimpulannya, untuk pemula saya menyarankan untuk mulai dengan pull strategy. karena data pasar sangat gampang didapat, tinggal Googling atau cek di marketplace..

--

materi simple dan ringan. semoga bermanfaat, selamat praktek.

0 Response to "Beda Pull dan Push Strategy"

Posting Komentar