My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pentingnya Geografi / Lokasi Audiens

Nentuin audience di Facebook pasti kita milih wanita atau pria, dan umur kan? ini sih biasa.. Masih banyak orang yang luput tentang geografi dari target iklan kita. mungkin anda juga kan?


target lokasi audience Facebook Ads
target lokasi audience Facebook Ads

Foto di atas adalah settingan audience iklan Facebook saya.. Ga seluruh Indonesia saya iklanin, cukup beberapa provinsi aja..

Kenapa ini penting?

karena memang ada kencenderungan lokasi itu memengaruhi minat belanja..
Sebagai contoh... saya jualan Baju Muslim anak, artinya target pasar saya orang Islam kan? mana lebih banyak orang Islam-nya, di Bali atau di Aceh? mana lebih banyak orang Islam-nya, di Papua apa di Jawa Timur? silakan jawab sendiri..

itu salah satu contoh... tapi itu hanya menduga duga..

Yang paling pas adalah dengan merekap penjualan anda berdasarkan lokasi..
anda mencatat semua penjualan anda kan? kalau belum baca dulu ini: https://www.garoblogz.com/2021/07/pentingnya-data-untuk-bisnis.html

Setelah direkap, akan keliatan tuh, wilayah mana aja yang banyak penjualan, dan wilayah mana aja yang sedikit penjualannya.. Lalu sesuai teori Pareto, lebih baik foksu ke yang banyak penjualannya.. Daripada cape2 ngiklan ke provinsi yang kemungkinan belinya kecil kan?

Butuh berapa data penjualan untuk menentukan geografis?

sebenernya bukan berapa banyka penjualan, tapi seberapa stabil lokasi tersebut.. Anda bisa pilih weekly, atau monthly, atau 2 minggu sekali..
bandingkan tiap waktu tersebut dengan lokasi..
jadi kalau gambar tabel nya kurang lebih begitini:

data pelanggan berdasrakan geografi provinsi
data pelanggan berdasrakan geografi provinsi

kolom pertama adalah lokasinya, lalu geser ke kanan adalah waktu yang anda pilih. lalu lihat stabil atau tidaknya data tersebut..

Untuk lokasi yang daerahnya stabil selalu tertinggi dari waktu ke waktu, lebih baik fokuskan iklan anda ke situ.

Berapa provinsi? nah ini saya juga maish coba2..saya sarankan, mulai dulu dengan 5 provinsi, bagus ga ke penjualan? kalau bagus ya pertahankan, kalau jelek ya tambah provinsinya...

Kalau baru jualan gimana?

Kalau baru jualan terpaksa ga pakai data, atau bisa pakai data sekunder... Cek dulu, anda jualan apa? wilayah mana yang kira kira membutuhkan produk anda tersebut...

kalau anda "blank".. maka yaudah targetin aja seluruh Indonesia dulu, lalu berjualan sampai menemukan tips kedua di atas.

--

nah dengan ini, iklan akan lebih efektif, akan lebih tepat sasaran... selamat praktek 

0 Response to "Pentingnya Geografi / Lokasi Audiens"

Posting Komentar