My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menghadapi Perang Harga di Shopee

apakah anda pernah berkata seperti ini....

  • Wah susah jualan di Shopee, harus perang harga.....
  • Wah terlaris produknya, pasti jualannya murah dan banting2an harga ya?
  • Susah bersaing di Shopee, perang harganya ketat
  • males jualan di Shopee, mending jualan di Facebook bisa branding...

ha ha. itulah pemikiran2 fixed mindset tentang Shopee yang setidaknya pernah saya dengar, dan beberapa juga (dulu) nempel di otak saya.

Mau gimana gimana juga, marketplace itu NATURE-nya emang perang harga.. sekarang anda bayangkan gini deh. Pernah ke sentra sepatu, yang sepanjang jalan jualan sepatu? pernah ke sentra batik yang sepanjang pertokoan jualan batik? pasti pernah lah ya.. Sekarang bayangkan, semua barang dari tiap toko tersebut disandingkan satu sama lainnya.. Lalu ada label harga masing2 di setiap produk tersebut... Maka bagi customer, apa pembedanya? yes HARGA!

Selain jualan, anda juga customer kan? pengen harga murah kan?

soooo.... Perang harga, adu murah, di marketplace itu sangat sangat wajar sekali terjadi..

Ga boleh pesimis, masih ada peluang kok... ini beberapa tips dari saya, berjualan menghadapi perang harga di Shopee:

1. Termurah mungkin laris. ke-dua termurah?

Produk yang dijual paling murah no 1, kemungkinan besar emang laku di Shopee. Lalu bagaimana dengan paling murah no 2? ga mungkin tidak laku sama sekali kan, mungkin mepet2 yang termurah no 1.

bagaimana dengan yang paling murah no 3? sama juga, ga akan jauh amat dengan termurah no 2.

bagaimana dengan yang paling murah no 4? dst dst dst dst...

produk gamis anak termurah di Shopee. termurah no 2, laku juga
produk gamis anak termurah di Shopee. termurah no 2, laku juga


Sebenernya ini sering terjadi di kehidupan sehari-hari kok. ada toko yang rameeeee banget, karena murah.. Tapi beberapa dari situ ada juga toko yang sepi, jualannya ga yang paling murah. Toko ke-2 ini tetep kecipratan penjualan kok.. Lalu kita sama sama bilang "rezeki mah sudah ada yang ngatur"

Padahal ini logika sederhana saja.. Dari 10.000 orang yang lihat produk termurah no 1, pasti ada yang ngebuat dia pindah ke termurah no 2. Entah saat itu stok yang no 1 lg kosong lah, entah slow respon lah, atau beda ongkir, dan masih banyak lagi...

Jadi kesimpulannya.. ya memang di Shopee adu murah, perang harga. Tapi kita boleh ikutan kok, dan ga perlu nargetin untuk lebih murah dari yang termurah..


2. So be it!

sudah mutlak kalau marketplace, Shopee, adalah kompetisi perang harga..

dan sudah jelas juga, bahwa untuk laku, ga perlu jadi termurah no 1 kok...

nah, yaudah, solusinya adalah "so be it!".. yaudah ikutan juga aja perang harga.. Ga usah dulu mimpi nyabet yang no 1, coba nyabet dulu yang no 5..

Itu yang jual termurah no 1, kan jualan juga.. Kalau dia hanya ngerusak harga dengan jual rugi, paling kurang dari 1 tahun juga udah tumbang.. tapi kalau dia bisa bertahan terus dengan angka segitu... artinya dia ada profit dari jualan dengan harga murah..

Ada orang yang bisa, masa anda tidak bisa? hitung hitung lagi biaya produksi anda. hitung hitung lagi semuanya, sehingga bisa menyaingi "murahnya" si produk no 1 termurah.

sederhana kan?

jangan skeptis, ya ikutan aja perang harga!


3. Branding, traffic external!

di awal paragraf saya tulis kalau produk2 yang sama dijejerin, maka akan terjadi perang harga... Bagaimana kalau produk kita, ditampilinnya ga dengan produk yang sama.. atau etalase yang berbeda.. otomatis perang harga ga terjadi.

Jadi ini adalah solusi untuk "lari" dari perang harga..

Yaitu dengan branding. Kalau nama merek anda udah dikenal, sudah diasosiasikan ke suatu produk tertentu. Orang akan dateng ke Shopee anda dengan keyword tersebut. Dan persaingan perang harga bisa diminimalisir..

Cantoh kasus brand saya yang Bajuyuli. Alhamdulillah sekarang lebih banyak orang dateng dengan keyword "Bajuyuli" ketimbang keyword "gamis anak". Artinya ketika produk dengan keyword "Bajuyuli" muncul, akan muncul banyak produk gamis anak, termasuk yang official dari yang kami jual. Di sini produk2nya tidak "perang harga"

Contoh lainnya.. Kalau anda bisa mendatangkan orang ke Shopee anda dengan klik link di Bio anda, artinya si orang akan hanya melihat produk yang anda punya. Tidak membandingkan dengan produk orang lain. di sini juga perang harga tidak terjadi...

gmn nangkep kah?


==

kesimpulan akhirnya adalah....  Perang harga di Shopee? siapa takut!

0 Response to "Tips Menghadapi Perang Harga di Shopee"

Posting Komentar