My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pentingnya Data untuk Bisnis

Udah basi ya kalau saya bilang, data itu penting sekali. pasti anda udah tau.

Ya memang super duper penting! sedihnya, masih ada aja orang yang bisnis tanpa nyatet data nya..

Pernah liat pengumuman, "TANPA BON GRATIS!" ? ini salah satunya biar datanya ke-record.. ga akan ada penggelapan, lalu datanya bisa jadi pengembangan bisnis selanjutnya..

Pernah dateng ke rumah makan, eh malah diminta ngisi no HP? emangnya makanannya mau dikirim pakai WA? he he.. ini data temen2... Dengan restoran meminta no HP anda, mereka bisa ngontak anda lagi, mereka bisa tau anda berapa kali dateng ke situ, mereka bisa tau makanan apa favorit anda, daaaannnn seterusnya.

Saya harap anda sudah insaf skg, sudah sepakat ya kalau data itu penting...

Pertanyaan selanjutnya adalah data yang seperti apa yang penting itu? harusnya nyatet data apa? trus datanya diapain?

Nah saya baru aja nemu framework bagus untuk ngolah data.. frameworknya simple.. yaitu Capture --> Organize --> Consume..
Kalau di bahasa Indonesia-in kurang lebih, CATET --> SUSUN --> OLAH

Capture data (catet data)

Apa aja yang perlu dicatet? SEMUANYA! data pelanggan.. yes perlu. data penjualan, yes perlu! semuanya.. inget, SEMUANYA CATET dulu aja.

Kita udah kebantu banget dengan adanya Google Analytics, Google Search Console, Facebook Pixel, dan lain sebagainya.. Datanya udah dicatetin sama mereka!

Tapi sy yakin masih ada data2 yang memang perlu anda catat sendiri.. misal, produksi brp pcs hari ini? artikel mana aja yang diproduksi? kue apa yang paling laku kemarin? daaannnn setrerusnya.

meskipun anda merasa "udah tau", meskipun udah biasa, ga boleh males! tetep harus nyatet ya...

Organize data (nyusun data)

Nyatet udah, tapi kalau kececer dimana-mana jadinya percuma..
Kayanya udah ga zaman ya nyatet di buku?

jadi saran saya catet data anda di Google Sheet.. Google Sheet enak banget, bisa buka di HP, bisa buka di Laptop, bisa dibuka di mana saja kapan saja.

kumpulkan data data yang berkaitan dalam 1 Sheet, dibagi berdasarkan waktu..

Misal, DATA PRODUKSI.. Kolom pertamanya adalah tanggal, kolom ke 2 3 4 dst apa apa yang berkaitan dengan produksi

misal lagi, DATA PENJUALAN, ini juga sama. kolom pertama adalah tanggal, dan kolom selanjutnya yang berkaitan dengan penjualan..

yang rapi. udahakan tidak terlewat 1 hari-pun

Prakiraan saya, dalam beberapa kasus, orang udah biasa nyatet dan nyusun.. tapi yang selanjutnya ini perlu pengetahuan sedikit advance.

Consume data (ngolah data)

Data kalau udah disimpen, tapi ga diolah sama aja boong.... bayangin aja arsip yang numpuk dalam ruangan.. ketika dia ditumpuk, dan "diam", itu nyaris ga ada value-nya.. Tapi kalau data tersebut itu udah dalam bentuk digital, udah terstruktur, baru bisa di-tarik valuenya, alias digunakan..


Kalau mau bisnis, ga belajar statistik, mending mundur aja.. urungkan niat..

Untuk ngolah data setidaknya anda udah terbiasa dengan tombol2 di Excel, dengan rumus2 yang umum di Excel. Atau di Google Sheet.

Faktanya, dari semua data yang dicatet dan dirapihin, belum tentu semuanya diolah dalam waktu bersamaan.. Kadang saya baru kepikiran untuk ngolah data sesuatu, alhamdulillah datanya ada, karena semua data bisnis saya, saya catat. Inilah mengapa saya bilang di atas, mencatat SEMUANYA...

--

selamat praktek

0 Response to "Pentingnya Data untuk Bisnis"

Posting Komentar