Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pentingnya Belajar Statistik Untuk Berbisnis

Saya heran dengan beberapa kawan saya di MBA ITB (baca dulu: Review Kuliah S2 MBA ITB Jurusan Entrepreneur), mereka mengaku tidak lihat Excel / spreadsheet  dan merasa bingung kalau udah bersinggungan dengan angka.
pentingnya Statistik dalam berbisnis

wah gawat, yang namanya bisnis itu kita harus sangat akrab dengan angka. khususnya statistik. Qodarallah saya S1 Teknik Kelautan yang pelajaran statistiknya cukup kuat, sehingga setelah sekarang full bisnis, ilmu statistiknya kepake banget.

Kenapa Statistik penting:

Kita bisa forecast / meramalkan

Nah ini SUPER DUPER penting kalau mau bisnis, jangan asal feeling aja besok mau jual apa, atau besok dapet omset berapa. Harus ada itungan2nya, dapetnya dari mana? ya dari forecasting data sebelumnya

Forecasting ini bisa dilakukan untuk meramalkan penjualan kita bulan depan, minggu depan, atau tahun depan. Atau juga bisa ngeramalin produk mana yang laku, dan produk mana yang ga laku ke depannya. ini keliatan dari statistik!

Apakah akurat? tentu tidak! sepengalaman saya, data forecasting tidak pernah akurat, tapi sangat sangat penting untuk menentukan sikap kita kedepannya. jadi akurat atau tidak itu mah yang ke sekian, yang terpenting adalah perencanaan.

Sebenernya kalau diilang sangat melenceng juga tidak, namun tidak akurat 100%, semakin banyak data anda, forecasting anda akan semakin mendekati 100%. Data saya itu kurang lebih bisa ngasih ke saya ramalan dengan akurasi ±80% lah.

Yang jadi soal adalah banyak orang yang sudah berbisnis ber tahun tahun tapi datanya ga dicatat, nah ini problem besar. Sehingga forecasting tidak bisa dhitung dengan benar. Hanya dihitung dengan "feeling" di kepalanya sendiri.

Pembukuan teratur dan terencana

Contoh saja pembukuan keuangan, kalau data kita cukup banyak akan ketauan nih, berapa sih persentase gaji dibanding omset. berapa sih persentase HPP dibanding stok. dst.

Percayalah, selama bisnis model anda tidak berganti, anda akan menemukan data yang stabil. Sehingga anda bisa menentukan rencana anda kedepannya.

Kalau saya, di bisnis saya yang jualan baju (Bajuyuli), gaji karyawan itu berkisar di ±9 - 15 %. Mau nambah berapa karyawan pun sejauh ini kisarannya tetap segitu. jadi enak kan bisa menentukan langkah kedepannya.

==

Mulai dari mana untuk belajar statistik?

Sering sering buka EXCEL / Google Sheet

Saya dan GSheet itu sangat dekat sekali, lebih sering saya ngulik GSheet daripada main sama anak. he he.

belakangan ini saya lebih suka Google Sheet dibandingkan Excel, karena selain cloud via google drive, Google Sheet banyak formula formula yang ga ada di Excel, seperti: REGEX*, unique, filter, dst

Jadi kalau mau bisa statistik, ya sering2 gunakan Excel/Google Sheet, percayalah semua yang anda bingungin itu ada di fungsi HELP dari aplikasi tersebut. JANGAN MALAS BACA!

Jika anda belum pernah mencoba sama sekali, bisa memulai dengan buat pembukuan yang rapi


0 Response to "Pentingnya Belajar Statistik Untuk Berbisnis"

Posting Komentar