My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

PPKM: Konstruksi 100% Beroperasional

PSBB lagi? skg namanya PPKM.. apa kepanjangan PPKM? Pemberlakuan Pembatansan Kegiatan Masyarakat.

Saat saya nulis ini sih saya belum nemu pengumuman resmi dari pemerintah PPKM seperti apa yang akan diterapkan. Tapi udah banyak banget beredar kabar tentang PPKM ini, bahkan sampai ada yang menyampaikan detil poin by poin tata laksana PPKM ini.. Hoax? mungkin... tapi beberapa yang saya cek, isinya cukup relevan dengan kondisi saat ini..

Ada 1 hal yang bikin saya mikir, di petunjuk teknis PPKM tersebut (yang mungkin hoax), tertera bahwa pegawai konstruksi atau kegiatan konstruksi proyek berjalan 100%! yes 100%! artinya mutlak.. artinya normal, artinya ga ada pengaruhnya sama Covid-19! haha

kenapa ya bisa begitu?

Awalnya saya mengira, kalau konstruski itu ngaret/terlambat, dampak keterlambatan proyek itu akan sangat membuat negara merugi. Apalagi sekarang lagi ada setidaknya 2 mega proyek.. Pelabuhan Patimban Subang dan Kereta Cepat Bandung Jakarta... Mungkin ribuan orang yang terlibat, dan kesemuanya 100% berjalan normal! wow...

Setelah saya pikir2 lagi, kayanya rugi bukan hal yang utama deh.

Di dunia pekerja lapangan, dalam hal ini konstruksi, safety atau keselamatan itu nomor 1. Kontraktor yang memiliki catatan tidak selamat (ada pegawainya yang kecelakaan kerja) mungkin saja tidak bisa ikutan tender! macem macem peraturannya. Yang jelas intinya harus mengutamakan keselamatan. Dulu saya waktu kerja di proyek di Malaysia, slogan nya aja gini.. Safety... first first first! Proyek kontsruksi mengutamakan keselamatan kerja, no doubt!

loh? lantas kenapa beroperasi 100%? nanti semua karyawan terjangkit virus gimana? keluarganya gimana? bertolak belakang dong dengan konsep "mengutamakan keselamatan"??

hmmm...

tunggu dulu..

Pemerintah pasti ga bego. pasti udah meninjau sega aspek..

Teori saya, yang paling mungkin adalah.... Pekerja proyek 0% fatality rate Covid-19! kalau yang terjangkit sih kayanya pasti ada, tapi ga ada yang sampai meninggal. Mungkin cuma istirahat 1-2 hari, langsung kerja lagi..

Pekerja proyek kan salah satu manusia yang paling sehat. Liat aja badannya.. kurus tapi berisi, ototnya kuat.. Olahrga tiap hari! ya iya lah... ga perlu gym gym segala.. Walaupun rokok kopi setiap hari, terimbangi dengan olahraga setiap hari, jadi tetep sehat dan kuat.

mungkin, wallahualam..

Ya Allah angkatlah virus ini dari muka bumi ya Allah.. aaamiin..
stay safe, DISIPLIN MASKER!

0 Response to "PPKM: Konstruksi 100% Beroperasional"

Posting Komentar