My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pengalaman Menjadi Shopee Mall



Ini saya cuma share pengalaman aja tentang menjadi Shopee Mall.. Kalau untuk cara daftar (barusan saya baca) sepertinya sudah berbeda dengan ketika dulu saya daftar..

untuk ketentuan Shopee Mall, bisa langsung baca dari Shopee Edu langsung, klik: https://seller.shopee.co.id/edu/search?keyword=shopee%20mall&tab=articles

Jadi Bajuyuli itu jadi Shopee Mall udah 3 taunan lebih, pertama yang jadi official store.. Baru disusul Tokopedia, baru Lazada. Waktu itu awal2 launching Shopee Mall, makannya pendaftarannya rasanya ga se-ribet sekarang.. Mudah dan cepet pula.

Kami full jualan online, jadi brand ini dibangun bareng2 dengan jualan di Shopee. Bukan seperti brand yang dulunya jualan offline, lalu mengkatifkan paltform online-nya. Yang seperti ini yang paling banyak "berubah" jadi Shopee Mall.

Apa yang membuat Bajuyuli bisa langsung Shopee Mall?

Saya rasa karena performa ya, karena kala itu (2017), kami pengiriman udah 2x sehari. Pengiriman super cepet. Beda dengan sekarang, 2x sehari udah biasa, 3x sehari juga banyak.. Jadi mungkin Shopee melihat kami worth untuk dikasih "penghargaan" Shopee Mall

Administrasi apa yang paling susah?

HKI, harus bulak balik ke KEMHUMKAM. Keluar biaya kala itu kalau ga salah 1jt rupiah. Lalu terbentur dengan kata generik, karena kata "baju" merupakan kata generik, yang ga bisa dipatenkan.. Tapi akhirnya bisa juga, karena mendaftarnya sebagai Toko, bukan Brand.. saya ga ingat detil.. Intinya harus lumayan bulak balik ke KEMHUMKAM.

oya daftar Hak Kekeayaan Intelektual ini baru diapprove setaun kemudian, katanya sih nungguin dulu siapa tau orang lain yang mau klaim nama yang kita daftarkan. masuk akal.

Apa keuntungan jadi Shopee Mall?

yang paling terasa cuma 2 sebenernya:
  1. punya dedicated RM --> kami tau info2 campaign paling awal ketimbang yang lain, dan sering jg diurus toko kita untuk hal hal teknis, enak banget lah.
  2. keren --> ya dong keren, ada label MALL-nya

Apakah label SHOPEE MALL ngaruh ke penjualan?

TIDAK TAHU, yang jelas cuma keren aja. Apakah orang jadi mau beli gara2 ada label mall-nya? saya ga tau gimana ngukurnya. Dalam marketing, kalau sesuatu yang tidak bisa diukur, abaikan.

Tapi yang jelas, kompetitor kami, bukan Shopee Mall, tapi penjualannya lebih keren dari kami. Omsetnya jelas lebih besar dari kami. Tau dari mana? baca: Cara Mengetahui Omset Shopee Orang Lain / Kompetitor

Apa kerugian jadi Shopee Mall?

Fee nya paling gede. Fashion termasuk admin fee yang tergede di Shopee, belum lagi fee base Shopee Mall.. Sehingga kalau ditotal2 Marketplace Fee yang dipotong ke omset penjualan kami adalah 10%.

10% tuh gede, apalagi di arena perang harga

Saran kalau mau jadi Shopee Mall?

harus siap keda MP Fee gede, ikuti prosesnya dari sekarang, pelan pelan aja..
Pastikan Sosmed aktif, bagus kalau ngasih link toko di Shopee di profilenya.

0 Response to "Pengalaman Menjadi Shopee Mall"

Posting Komentar