My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Membuat Template Pesan Shopee



Fitur asisten chat di Shopee penting banget, sayang sekali kalau tidak anda gunakan... kalau anda lg ga bisa bales, pelanggan bisa kabuuurrrr..

Ini saya kasih tau cara setup auto-reply / template pesan / FAQ Shopee.. via laptop atau PC ya..

1. masuk ke Seller Center Shopee (https://seller.shopee.co.id/)


2. cari Layanan Pembeli di tab sebelah kiri


3. Layanan Pembeli --> Asisten Chat --> Auto Reply

Fitur ini adalah chat yang otomatis dikirimkan ke customer ketika memulai percakapan dengan toko kita. Ini dibatasi, tiap customer hanya mendapatkan auto reply 1x dalam 24 jam..

fitur Auto Reply Chat Shopee
fitur Auto Reply Chat Shopee


Jadi jika pertama kali banget nge-chat, pasti Auto Reply akan ngebales, lalu jika beberapa jam kemudan ngechat ulang, auto-reply tidak akan muncul.

Kerennya, anda juga bisa set auto-reply kalau lagi di luar jam kerja toko. Chat auto-reply saat jam kerja dan di luar jam kerja, bisa berbeda. keren kan?

Caranya gampang kok. tinggal aktifkan Standar Auto-Reply, lalu isi pesannya. Aktifkan Auto-reply Offline, isi pesannya. Atur jadwal operasional toko anda dibagian bawah.

ini contoh template chat Auto Reply Shopee saya:

Standar Auto-Reply:
Bismillahirrahmanirrahim... Hai kak, selamat datang dan selamat berbelanja di Bajuyuli :) Mohon maaf sekali jika kami slow response, untuk informasi promo dan ketentuan order silahkan baca di info toko kami ya kak. Silahkan kakak pilih produk yang diinginkan, jika varian masih bisa diklik kemungkinan barangnya ready ya dan jika transfer sebelum jam 13.00 WIB maka pesanan insya Allah akan dikirim di hari yg sama, jika lebih dari itu maka akan dikirim besoknya. Bajuyuli, Syari Sejak Dini

Auto-Replya Offline:
Bismillahirrahmanirrahim, Hai Kak selamat datang di Bajuyuli! karena pesan masuk di luar jam kerja, maka pesan akan kami balas saat kami beroperasi ya kak :) Bajuyuli, Syari Sejak Dini


4. Layanan Pembeli --> Asisten Chat --> Template Pesan


5. Layanan Pembeli --> Asisten FAQ --> FAQ Toko

FAQ itu singkatan dari Frequently Asked Question, artinya pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang.

Di sini kita bisa tulis pertanyaan dan tulis jawabannya.. Jadi di sisi pelanggan, mereka tinggal klik pertanyaan, nanti lsg keluar jawaban yang sudah kita set.

cara set FAQ toko Shopee
cara set FAQ toko Shopee



Contoh Template pesan FAQ Shopee
pertanyaan: Apakah produk ini masih tersedia?
jawaban: Bismillahirrahmanirrahim.. Jika variasi barangnya masih bisa diklik kemungkinan besar barangnya ready ya. mohon atc (add to cart) sesuai varian yang diinginkan, bukan di chat atau di keterangan pesanan. Jika salah kirim akibat salah atc varian, bukan tanggung jawab kami ya... :) untuk order yg sudah masuk, jika tidak ada kendala akan kami kirim di hari yang sama (kecuali hari minggu & libur), input resi paling telat H+1 ya...terimakasih :)

pertanyaan: SIze apa yang cocok dengan usia anak Saya?
jawaban: Bismillahirrahmanirrahim.. Kak, untuk gamis dan koko bagusnya ukur dulu anaknya lalu sesuaikan dengan size chart kami. karena kan badan anak itu beda beda. usia atau berat badan bukan patokan. size chart: --- --- XS= LD: 28, PG: 65 (1-2 thn). --- S= LD: 31, PG: 75 (3-4 thn). --- M= LD: 35, PG: 85 (5-6 thn). --- L= LD: 37, PG: 95 (7-8 thn). --- XL= LD: 39, PG:102 (9-10 thn). --- XXL=LD: 43, PG:120 (11-12 tahun). --- --- LD= Lebar Dada; PG=Panjang Gamis --- ---

pertanyaan: Apakah bisa return?
jawaban: Bismillah, silahakan kak boleh ya, baca dulu note yang ada di dalam paketnya. Jika ingin tukar size atau barang yang dikirim cacat ada ketentuannya ya :)

pertanyaan: Apakah produk ini dapat dikirim hari ini?
jawaban: Bismillahirrahmanirrahim.. Order yang masuk ke kami sblm jam 16.00, akan kami kirim di hari yang sama. Hari sabtu sebelum jam 12. Minggu / hari libur nasional tidak ada pengiriman. Input resi kami lakukan paling telat H+1. Untuk di Shopee, terkadang error, jadi setelah kami input resi, status masih tidak berubah…. Lama proses pengiriman itu tergantung lokasi, untuk wilayah dekat Bandung, umumnya 1-2 hari. Namun yang lainnya 3-8 hari tergantung jauh / tidaknya…. Jadi Mohon bersabar ya.


6. Layanan Pembeli --> Asisten FAQ --> Halaman Utama FAQ Toko

di halaman ini ditampilkan statistik si FAQ ini. berapa banyak FAQ yang terkirim, berapa banyak yang diklik, dan seterusnya... ini penting, jadi kita tau efektifitas FAQ yang kita buat.

--

semoga bermanfaat, selamat praktek.

0 Response to "Cara Membuat Template Pesan Shopee"

Posting Komentar