My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa itu Lookalike Audience Facebook Ads? Kelebihan dan Kekurangannya



Apa itu Lookalike Audience?

Lookalike audience adalah kumpulan orang yang menurut Facebook mirip dengan custom audience yang kita punya..

Selanjutnya kita singkat dengan LLA ya

Apa itu Custom Audience?

Custom audience adalah kumpulan orang orang yang ter-record di data Facebook Pixel anda, di data Instagram anda, atau data customer yang anda upload ke Facebook.

selanjutnya kita singkat dengan CA

Cara kerja Lookalike Audience?

LLA itu ga bisa kita buat dari Saved Audience (SA), harus dari CA. karena sebenernya SA itu ya LLA juga. tapi dengan parameter yang umum.

Jadi ketika kita ingin membuat LLA, kita harus memasukkan CA yang kita punya. Dan lokasi yang kita inginkan orang2 LLA itu berada.

Dari situ Facebook akan mengumpulkan seluruh orang yang MIRIP dengan CA and0a, di lokasi yang anda tentukan. Miripnya berdasarkan apa? secara pasti sy ga tau. Tapi yang jelas seputaran: gender, usia, interest, pendapatan, dlsb..

Nah dari seluruh orang yang mirip tersebut, Facebook akan mengurutkan dari yang teratas adalah yang paling mirip, dan yang paling bawah adalah yang paling tidak mirip.

Dari situ kita bisa pilih mau 1%? 2%? 5%? 10%? artinya kalau kita milih 1%, Facebook akan memilihkan orang orang 1% teratas dari data yang sudah diurutkan tadi. Kalau kita milihnya 10%, Facebook akan memilihkan 10% teratas dari seluruh data yang sudah diurutkan tadi..

Itulah mengapa LLA 1% lebih sedikit ketimbang LLA 10%.

Dulu saya mikirnya LLA 1% itu miripnya cuma 1% dengan CA, padahal bukan gitu. Dulu saya kira LLA 10% artinya, orang orang yang ada kemiripan 10% dengan CA saya. ternyata saya salah.. Kalau logika ini yang saya pakai, harusnya LLA 10% lebih banyak jumlah orangnya ketimbang LLA 1%.

Kelebihan Lookalike Audience?

LLA ini katanya baru bisa dibuat kalau CA kita minimal ada 1000.. Keuntungan utama pakai LLA ini adalah kita bisa expand market kita.. Misalkan anda berjualan penumbuh kumis, dengan LLA, diasumsikan anda menargetkan orang yang semuanya mau numbuhin kumis.

Kemungkinan besar LLA ini adalah COLD MARKET, belum pernah berinteraksi dengan produk anda sama sekali.

Karena biasanya size audince LLA ini besar besar, maka FB Ads lebih leluasa untuk menjalankan iklannya. sehingga biayanya akan relatif lebih murah ketimbang ngiklan bukan ke LLA.

Kekurangan Loookalike Audience?

Jujur aja, saya belum pernah berhasil pakai LLA kalau HARDSELL.. Kalau langsung jualan ke LLA, saya belum pernah berhasil.. Mungkin yang lain pernah ada yang berhasil.. kalau saya tidak.

Jadi saya menyarankan, jangan menganggap karena anda udah punya LLA bisa jadi solusi cepat untuk jualan anda laku.

Apakah custom audience masuk ke lookalike audience?

katakanlah anda punya CA sebanyak 100rb data.. lalu dibuatkan LLA 1% nya. apakah 100rb CA anda termasuk ke LLA 1% tersebut. jawabannya jelas tidak semuanya, hanya sebagian saja yang masuk ke 100rb data CA itu.

Dari 100rb audience yang ada di CA anda, apakah semuanya punya kemiripan? tentu tidak.. Apakah semuanya gendernya sama? jelas tidak...

Jadi logikanya, Facebook akan mencari hal hal yang paling banyak kesamaannya dari CA anda. lalu membuang yang tidak dominan.. Dari parameter2 dominan ini, dibuatkan lah LLA nya... Itupun belum tentu CA anda berada di paling atas dari LLA

0 Response to "Apa itu Lookalike Audience Facebook Ads? Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar