My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Productivity? Produktif?

Sibuk <> Produktif --> baca, sibuk tidak sama dengan produktif, produktif ga harus sibuk.

Jadi apa itu produktif?

mengerjakan suatu hal yang efektif dan efisien.

Apa itu efektif? melakukan hal yang tepat

Apa itu eifsien? melakukan hal yang tepat tersebut dengan tepat..

bahasa kerennya gini:

Effective = do the right things

Efficiency = di things right.


Dah nangkep ya? kita coba gali lebih dalam ya... Ada yang namanya productivity growth. Sama seperti ada kacepatan, ada percepatan. Kecepatan = productivity, percepatan = productivity growth..

Simplenya gini, apa itu productivity growth?

Mendapatkan hasil yang sama dengan melakukan usaha lebih sedikit ATAU mendapatkan hasil yang lebih dengan usaha yang sama

Inilah koentji (KUNCI) scale-up dalam bisnis... kalau bisnis anda mengeluarkan uang 1 rupiah dapetnya 1 rupiah, dan mau berapapun terus rationya sama, artinya bisnis anda tidak berkembang. Meskipun anda punya ribuan karyawan. ini pernah saya bahas juga: https://www.garoblogz.com/2021/03/kunci-scale-up-dalam-bisnis.html

Lucunya, banyak orang yang ga sadar akan hal ini. Khususnya pebisnis, kalau anda ga sadar dengan ini bisa fatal. Bisa bisa ya gitu gitu aja bisnis anda. Orang awam akan berpikir, semakin keras saya bekerja, hasil yang saya dapatkan semakin banyak pula.. ini mindset yang kurang tepat.

Benar sih, makin kerja keras, hasil mungkin makin besar juga. Tapi mau sampai kapan? kalau bisa mah usaha semakin sedikit, tapi hasil semakin banyak. Tau apa yang kaya gini? namanya amal jariyah.

katakanlah anda membaca tulisan ini dan terinspirasi. Saya nulisnya cuma 30 menit, dan anda terinspirasi seumur hidup (aamiin).. pahalanya ngalir terus tuh ke saya. udah janji dari Allah sesuai hadits nabi. bahkan kalau saya meninggal! nah ini baru anda seorang, gimana kalau yang bacanya ada 100 orang? 1000 orang? 1jt orang????!!!! wah berlipat lipat dong pahala yang saya dapat, menang banyak... hanya dengan nulis 30 menit..

Semoga semakin terbayang....

Konsep mah gampang, praktek yang susah!

Saya pribadi, di bisnis utama saya, sedang dalam tahap untuk pengurangan cost dimana mana. saya mau investasi ke operasional bisnis ketimbang ke branding / marketing. Saya akan mulai dengan menanyai para middle manager saya dengan pertanyaan kurang lebih... What would you do if capital is free?

nanyanya ga akan dalam bahasa Inggris sih..

Yang jelas alhamdulillah masih ada sis profit, yang mau saya puterin (retain earning), yang biasanya saya puterin ke marketing / branding / produksi, saya mau spending ke hal lain.. Supaya perusahaan lebih efektif, lebih efisien. Supaya kerja jadi lebih mudah, tapi hasil tetep sama. Atau kerja sama aja, tapi hasilnya lebih.


Yuk ah siap scale up!

0 Response to "Productivity? Produktif?"

Posting Komentar