My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Staying Strong, not Starting Strong

Pagi ini baca artikel di HBR (Harvard Business Review), ada artikel bagus...

di situ tertulis: "The key to success at work and in life isn't really starting strong, it's staying strong."
kunci sukses
kunci sukses


wah bener banget.

Hampir setiap orang kayanya sering starting strong deh. Maksudnya melakukan sesuatu untuk pertama kali, dan semangat melakukannya. ya kan?

itu bagus. tapi kalau ga staying strong, belum tentu hal tersebut membawa anda menuju sukses. Artinya ini adalah konsistensi. Konsisten memang KOENTJI. hehe

Saya udah nulis berbagai artikel tentang konsistensi, bisa anda baca di sini: https://www.garoblogz.com/search?q=konsisten

Konsisten itu berat. konsisten itu susah. Konsisten itu hanya untuk orang yang kuat. percayalah. Tapi ketika konsistensi sudah menjadi habit, ini baik, akan susah "keluar".

Saya jadi meng-evaluasi, hal hal apa saja yang selama ini berhasil saya konsisten-kan, dan apa saja yang gagal..

Saya mulai dengan yang gagal dulu...

  • olahraga pagi
    Ya Allah ini berat sekali.. sudah berbagai cara saya cobain, mulai dari set-low.. yaitu hanya skipping depan rumah 200x aja.. duh masih juga belum konsisten..

    pernah juga berhasil gowes 15 menit sehari, dan gugur di hari ke 40-an, gara2 sakit. mau mulai lagi rasanya berat...

    apalagi konsisten lari yang berkilo kilo? hadoh.. saya masih mencari solusi soal ini

  • tidak tidur setelah subuh
    meski belum konsisten, tp alhamdulillah ada perubahan sedikit demi sedikit. Yang tadinya dipastikan tiap hari saya tidur lagi setelah solat subuh, sekarang dalam seminggu saya kurang lebih berhasil 2 hari tidak tidur lagi setelah solat subuh. apa yang saya lakukan? mencoba mikir keras di setiap pagi, dengan cara baca buku, nulis blog, dan bikin konten Youtube.

    baca: https://www.garoblogz.com/2020/02/tidur-setelah-shubuh.html

  • puasa senin-kamis
  • tahajjud
  • jalan kaki 8000 langkah
    yang ini kasusnya hampir sama dengan gowes pagi.. saya sudah berhasil 1 bulan lebih mencapai 8000 langkah per hari, tapi karena suatu hal (saya lupa), saya gagal.. lalu malas lagi untuk memulai.
Tapi alhamdulillah ada yang berhasil juga kok, dan membuat konsistensi ini berhasil bukanlah hal mudah. Saya jadi flashback bagaimana usaha dulu supaya membuat hal ini konsisten. ini beberapa hal konsisten yang sudah saya lakukan:
  • solat berjamaah ke masjid
    Titik balik ini terjadi adalah setelah saya resign dari pekerjaan saya di Malaysia. Saya merasakan banget gimana susahnya ibadah di dunia proyek, apalagi ketika bossnya adalah bukan orang Islam. Loh kok aneh? bukannya Malaysia negara Islam? ya memang betul, tapi kalau proyek besar itu biasanya yang jadi kontraktor adalah orang luar negeri, waktu itu boss saya adalah orang India dan main kontraktornya adalah orang Korea Selatan. Dimana menurut mereka ibadah solat 5x sehari itu mengganggu produktivitas proyek.

    alhamdulillah karena ini saya jadi merasa keterlaluan, kalau sekarang sudah hidup lagi di Indonesia, masjid banyak, selalu dekat, masa ga solat di masjid?

    lagian kan pahalanya juga gede, ini mah jelas pasti mutlak.

  • baca buku setiap hari
    sayang, 2021 ini produktivitas baca buku menurun. Tapi alhamdulillah masih konsisten baca buku setiap hari

  • baca artikel HBR setiap hari
    ini nih yang mengakibatkan saya nulis artikel ini. Saran saya kalau anda pebisnis, subscribe deh HBR. Awal mula saya baca HBR setiap hari adalah gara gara waktu itu Arief Yahya pernah dateng ke kampus saya S2, ngisi kuliah tamu.

    Saya dapet kesempatan nanya, dan saya tanya buku apa rekomendasinya? dia bilang "baca aja Harvard (HBR maksudnya)...."

    Eh bener aja, pas saya jalan 1 taun ini baca HBR, memang saya jadi tau perkembangan bisnis terkini. Banyak y ang bisa dipratekkan, dannn seterusnya

    Soal ini akan saya buat artikel tersendiri ah... tunggu ya.

  • bikin 1 artikel blog setiap hari
    ini berat. anda jangan coba coba. hehehe.. ini yang bikin saya stress.. Tapi dampaknya apa? kreativitas saya meningkat drastis!

  • bikin 1 konten Youtube setiap hari
    ini juga berat, anda jangan coba coba. hehe... tapi alhamdulillah gara2 ini setidaknya penghasilan saya dari Youtube 6 bulan ke belakang = lebih dari 10jt/bulan

ini pengalaman saya soal konsistensi. masih banyak PR. masih jauh dari sukses dunia, apalagi sukses akhirat. Bismillah.

0 Response to "Staying Strong, not Starting Strong"

Posting Komentar