My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Wordpress atau Blogger?

Saya jawab dengan tegas, BLOGGER!

awal awal saya bikin blog, emang pakai Wordpress, ternyata Wordpress terlalu kompleks, ga se-simple Blogger.

kenapa Blogger menang banyak ketimbang Wordpress?

1. Cukup sewa domain, ga perlu punya hosting sendiri

buat yang belum ngerti beda domain dan hosting. Simplenya gini... Domain adalah hanya nama website, sedangkan hosting adalah isi dari website. dan kedua hal ini adalah 2 service yang berbeda. Anda bisa sewa domain saja, bisa sewa hosting saja, atau sewa keduanya.

Blogger professional jarang yang pakai domain gratisan seperti blogspot.co.id, wordpress.org, dst.. karena punya domain sendiri yang ".com" itu jauh lebih keren ketimbang ada embel2 di belakanganya.

Nah kalau pakai Blogger, anda cukup sewa domain saja, ga perlu sewa hosting. Karena hosting disediakan oleh Blogger. Tapi kalau Wordpress? kalau mau gratisan full, ya domainnya ada wordpress.org dan hostingnya dari mereka. Tapi kalau ga mau pakai embel2, harus sewa domain + hosting..

jadi pakai Blogger jauh lebih hemat ketimbang bikin blog pakai Wordpress.

Sebagai gambaran, blog saya ini hanya berbiaya 185rb/tahun, murah banget kan?

2. ga perlu update-update "engine"

Kelebihannya kita ga sewa hosting sendiri, adalah kita tidak mengatur server blog kita. Tempat menyimpan data2 blog kita (hosting) itu langsung diaturin oleh Blogger. Sehingga kalau ada perubahan "engine" CMS, akan otomatis diupdate oleh Blogger.

Sedangkan Wordpress, kalau kita pakai hosting sendiri, otomatis orang lain ga punya akses ke hosting kita, jadinya kita harus upgrade sendiri deh kalau ada perubahan. Emang ga ribet sih upgrade nya, tinggal klik klik klik, tapi kalau dibandingkan ga perlu update sama sekali? Blogger jelas menang!

**CMS = content managemen system, kasarnya program yang mengatur blog kita online

3. fokus ke nulis

Secara umum Blogger vs Wordpress untuk blogger itu, kalau Blogger membikin kita hanya fokus ke nulis.. Sedangkan Wordpress kita harus ada effort extra untuk ngerawatnya.

Kecuali di awal awal ya, Blogger dan Wordpress sama sama mengharuskan kita edit2 template blog. Tapi ini di awal awal aja kok. Dan kalau mau ga ribet, tinggal beli aja templatenya, banyak yang jual, harga jg tidak mahal, dari 100 ~ 500rb rupiah.

4. lebih ringan, lebih simple

nyambung sama poin 3, Blogger itu jauh lebih simple ketimbang Wordpress. Blogger tombol2nya jauh lebih dikit ketimbang Wordpress.

Statistik Blogger pun simple banget, bahkan keitung jelek sih.. Tapi ya ga terlalu penting, statistik pageview harian di Blogger hanya sebagai estimasi aja, yang lebih akurat harusnya liat di Google Analytics. Dan saya yakin pengguna Wordpress juga pastinya pakai Google Analytics.

5. mana lebih baik?

dulu ini seperti perdebatan Nikon vs Cannon, AMD vs Intel, dst... Tapi makin ke sini makin ketauan pemenangnya.. Cannon kayanya menang. AMD kayanya juga mungkin akan menang.

Sama halnya Wordpress vs Blogger, saya rasa Blogger sudah menang jauh ketimbang Wordpress. Apagi sekarang ada website untuk nulis yang lebih simple lagi, seperti Kompasiana.. Tapi si Kompasiana ini lebih kaya kolumnis ya bukan blogger. Little bit different..

CATATAN PENTING:
perbandingan diatas hanya jika untuk membandingkan penggunaan Blogger dan Wordpress untuk ngeblog loh ya.. Kalau untuk bikin website secara umum seperti web jualan, web company profile, dlsb, Wordpress jauh lebih menang lah.

karena memang Blogger hanya diperuntukkan untuk blogging. Sedangkan Wordpress peruntukannya jauh lebih luas.

0 Response to "Wordpress atau Blogger?"

Posting Komentar