My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Utamakan Benefit Daripada Profit?

buat yang belum tau, profit itu benefit, tapi benefit belum tentu profit..

Profit = UANG.. se-simple uang masuk dikurangi dengan uang keluar, dapetlah hasilnya profit.

Kalau benefit? contohnya seperti:
  • ilmu
  • peningkatan kompetensi karyawan
  • brand awareness meningkat
  • ulasan bintang 5 bertambah
  • sistem baru
  • lebih dikenal orang
  • dst dst
Intinya benefit itu keuntungan, yang belum tentu berbentuk uang.

Pernah dengan "utamakan benefit ketimbang profit"? mungkin jarang.. tapi ini sehari hari kita lihat loh..

Start-up startup bakar uang itu karena mereka tidak mementingkan profit untuk awal awal, tapi sangat mengutamakan benefit.. yang tidak diukur dengan uang. Walaupun ujung2nya benefit2 tersebut harus bisa terkonversi menjadi uang di suatu hari nanti.

Untuk merefleksikan ke bisnis anda dan juga bisnis saya, sebenernya ini tergantung modal usaha. Milih profit dulu atau benefit dulu, tergantung cash yang kita punya. tergantung modal yang kita punya.

Kalau anda punya banyak uang, dan uang tersebut siap dipakai tanpa ada timbal balik, lebih baik mengutamakan benefit, yang harus didesain menjadi profit jangka panjang. apa contohnya? branding!

Simplenya branding itu membuat orang mengingat merk, produk, atau jasa anda. Yang diharapkan di suatu saat akan ingat terus, dan menjadi referensi perbelanjaan. Kalau uang anda dipakai untuk branding, ga akan rugi...

Tapi masalahnya bagaimana kalau uang tidak banyak? modal terbatas?

ya ini tentu utamakanlah profit! profit masuk, puter lagi, profit masuk, puter lagi. Ini bahasa kerennya adalah retain earning. modal bertambah. Nanti di suatu titik anda akan punya uang banyak, yang siap "dibakar" demi benefit.

Kasus nyata, banyak bisnis yang hanya fokus profit terus. profit profit dan profit.. hasilnya bagus sih, tapi mungkin hanya di 3 taun pertama.. setalah itu stagnan... gitu gitu aja..

Contoh bisnis yang terus menerus hanya mengutamakan profit adalah toko bangunan, sebagian besar rumah masakan padang, warteg, toko grosir, dst.. Mereka ini profit, mereka ini menguntungkan, bisnis mereka berkembang, karyawan bertambah.. tapi hanya segituuuu aja..

Coba bayangkan kalau profit2 tersebut dialihkan menjadi benefit seperti branding, system, SDM yang lebih kompeten, bisnisnya akan jauh lebih berkembang.


0 Response to "Utamakan Benefit Daripada Profit?"

Posting Komentar