My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Semi-Conductor apa itu?

bertahun tahun saya denger istilah semi-konduktor atau semi-conductor, baru hari ini saya ngerti. baru hari ini saya sadar seberapa pentingnya si semi-conductor ini di kehidupan kita.

Awalnya saya Googling lebih dalam itu gara gara lg baca buku biografinya Steve Jobs, yang nyeritain sedikit tentang asal mula Sillicon Valley.

Semua orang tau, "bapak" Sillicon Valley adalah HP. tapi sebenernya nama Sillicon itu bukan langsung gara gara HP. awalnya saya ngira Sillicon ya penamaan doang, ternyata ada sejarah dibalik itu.

yaitu perusahaan Semi-conductor terbesar saat ini (mungkin akan kalah dlm waktu dekat) yaitu INTEL, yang asalnya merupakan singkatan dari Integrated Electronics Corporation..

apa bahan utama dari semi-conductor?? yes tepat! sillicon! silikon!

Di masa itu industri semi-conductor ini sangat pesat sekali, alhasil ada wartawan yang nyebutin daerah sana itu menjadi Sillicon Valley...

itu sejarah singkatnya..

Balik lagi ke judul. apa itu semi-conductor?

conductor tau? penghantar listrik, kaya tembaga, besi, dan lain sebagainya..

insulator tau? itu penghambat listrik, seperti kaca, plastik, karet, dan lain sebagainya.

semi-conductor itu diantara conductor dan insulator. yang intinya, pada kondisi normal tidak menghantarkan listrik, tapi ketika diberi suatu stimulus tertentu (bisa cahaya, suhu, dlsb) akan berubah jadi penghantari listrik.

material terbaik untuk menjadi semi-conductor itu adalah germanium, tapi karena mahal (susah dicari), jadi yang paling terkenal adalah sillicon, karena sangat mudah dicari. Pasir pantai salah satu tambang sillicon.

lantas kenapa semi-conductor bisa dibilang sangat penting?

kemampuan bahan semi-conductor yang bisa on/off nganterin listrik itu super keren. Jadi manusia berhasil memanfaatkan kondisi on/off ini untuk nganterin elektron, yang bisa dijadikan komunikasi elektronik saat ini.

Simplenya: ketika ga nganterin listrik = 0, ketika nganterin listrik = 1. nah ada angka 1 dan 0 artinya apppaaaa? yes betul. binary code.

ketika sudah ada binary code, perihal computing, communcation, programming, bisa terselesaikan. Tinggal tergantung seberapa banyak suatu alat mengolah binary 101010101010 ini...

makannya semi-conductor ini umum sekali diasosiasikan dengan processor. karena memang kerjanya memproses angka binary, mengatur kapan on/off, mengatur kapan jadi 1 dan kapan jadi 0.

secara fisik. semi-conductor itu semakin kecil, semakin presisi, artinya semakin murah dan semakin baik untuk manusia gunakan,.

makin ke sini, chip semi-conductor memang makin kecil. itulah mengapa, HP makin kecil malah makin canggih, berbanding terbalik dengan komputer jaman jadul, yang gede banget, tapi kemampuan terbatas.

smartwatch ada semi-conductornya
smartwatch ada semi-conductornya


Semi-conductor hampir ada di semua barang elektronik di dunia. dari yang kecil, sampai segede pesawat. itulah mengapa semi-conductor ini salah satu item yang merubah peradaban manusia.

0 Response to "Semi-Conductor apa itu?"

Posting Komentar