My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kunci Bisnis Bertahan dari Krisis

Banyak banget lah teori soal kunci bisnis sukses dan bertahan, khususnya di era pandemi ini... macem macem.. anda bisa baca postingan saya tentang hal seperti ini di sini:

Cuman pagi ini saya baca teori yang baru di HBR. katanya kalau ingin punya bisnis yang bertahan, khususnya di era pandemi ini, katanya begini:

team who can think by their feet and act fast

hmm... bener juga ya... 

Intinya di karyawan, bukan di boss-nya. intinya di teamnya, bukan di kepalanya.

Saya pernah nulis bahwa karyawan itu harus mau belajar, double-job, dan disiplin. baca ini: https://www.garoblogz.com/2020/12/sdm-untuk-bisnis-yang-sustain.html

Tapi quotes dari HBR di atas, menyadarkan saya tentang hal yang belum terpikirkan sebelumnya.

Rekan kerja / tim / karyawan yang INISIATIF dan CEPAT.

Saya mikir mikir, saya belum pernah punya karyawan seperti ini. Karyawan inisiatif tentu ada, tapi kerjanya perasaan ga cepat. Karyawan cepat juga pernah punya, tapi hanya ketika disuruh aja, alias ga inisiatif.

Saya lebih suka karyawan yang INISIATIF tapi ga cepat ga lambat, ketimbang yang cepat tapi ga inisiatif.

kenapa sih 2 hal ini dikaitkan dengan kesuksesan bisnis dalam bertahan di era krisis?

jawabannya adalah Fail Fast, Learn Faster

Manusia hidup saat ini, belum pernah mengalami pandemi seperti yang kita alami. Alias pandemi ini adalah hal baru buat kita semua. Belum ada yang punya pengalaman!

apa yang dilakukan ketika kita belum punya pengalaman dan ga tau ke siapa harus bertanya? yaitu coba coba, alias experimen.

Orang yang ga punya inisiatif, ga mungkin nyobain experimen, ga mungkin melakukan hal baru yang belum pernah orang lain lakukan.

Orang yang cepat, akan siap untuk memulai inisiatif baru, ketika inisiatif sebelumnya gagal. Dan kebanyakannya experimen itu kan gagal, ya ga?

Jadi siapapun anda, bisnis apapun anda, bidang apapun bisnis tersebut. Kalau punya karyawan yang INISIATIF dan CEPAT, jangan sampai lepas! jangan sampai ter-kebiri!

Kebayang sih saya, walaupun belum pernah mengalami langsung, ketika ada orang yang berpikiran cepat untuk hal baru, pasti banyak penolakan dari rekan kerja atau dari boss. WAJAR! banyak orang cari aman ketimbang cari resiko kan?

Tapi resiko lah yang membuat peradaban manusia ini berkembang. Jadi kalau anda punya karyawan seperti itu, kasih fasilitas! kasih lampu hijau! kasih jalan! kasih keleluasaan! biarkan dia... Yang perlu anda jaga hanyalah dampak fataliti dari inisiatif orang tersebut, kalau dampaknya sampai membuat perusahaan anda terjerat hukum, ya jangan lah ya.. dan seterusnya.

Sepertinya artikel ini lumayan berat, mungkin ga semua dari anda bisa meresapi. Tapi gpp. good luck

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kunci Bisnis Bertahan dari Krisis"

Posting Komentar