My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Sedihnya SEO didominasi pemain besar

saya belajar SEO udah 10 tahun lebih. apakah saya expert? ga juga. apakah ada orang yang expert? tentu ada. Tapi apakah ada jurus SEO yang 100% manjur? tidak ada!

SEO itu seperti black-box hitam, yang bisa kita tau hanya syarat2 mendekati box hitam, kondisi kondisi kenapa box hitam bisa kebuka, tapi isi si box hitam ini saya yakin ga ada yang tau! bahkan engineer di Google sendiri ga tau soal rumus pasti-nya.

Karena algoritma search engine ini adalah sistem yang kompleks. Bukun rumus analitis X = Aa+Bb+Cc biasa. tapi mungkin ratusan variable. yang ngitung nya juga harus pakai super komputer.

Jadi ga mungkin ada 1 orang di dunia ini yang tau pasti rumus supaya anda bisa menjadi TOP 1 di search engine.

Orang orang hanya bisa ngasih pendekatan pendekatan, yang belum tentu berhasil.

Sepengalaman saya, pendekatan terbaik adalah fokus ke konten dan fokus ke user. Selama kita memberikan konten yang terbaik dan bermanfaat untuk user, lambat laun nilai score SEO kita naik. Google ga bodoh, jadi Google tau mana yang bermanfaat beneran untuk user mereka, jadi wajar kalau kita fokus ke konten dan user, lambat lain Google akan tau.

tapiii.... dari berjuta juta page yang ngebahas SEO. ada fakta menyedihkan yang saya alami setidaknya 2 tahun ke belakang.

Jika anda berjualan produk, mau se-ngulik apa anda, mau se-canggih apa rencana anda, SEO anda tidak akan menang dengan pemain besar.

Sebagai contoh saya "nyasar" keyword "gamis anak", ini memang keyword generik. udah setidaknya setahun ke belakang, page one didominasi oleh Marketplace Shopee, Lazada, Tokopedia, daannn lain sebagainya. Toko online saya seperti ga ada peluang untuk masuk page one. mau gimanapun caranya.

search engine result untuk keyword Gamis Anak
search engine result untuk keyword Gamis Anak


Saya sudah pernah ngikutin struktur website yang sama persis (90%) dengan Shopee. hasilnya? ga pernah tuh punya saya mepet dengan hasil dari web Shopee.

Maka hioptesanya, inpage SEO tidak lah terlalu signifikan.

Lalu saya berpikir apa bedanya website saya dengan Shopee? ketemu perbedaan paling kentara, yaitu TRAFFIC!

Jadi Google jg tau mana traffic yang paling gede, makin gede traffic makin besar peluang website kita masuk ke page-one.

Sudah masuk page-one, traffic akan semakin gede dan gede dan gede. Score SEO akan semakin tinggi dan tinggi. begitu seterusnya.

Alhasil, yang kaya akan menjadi semakin kaya, yang miskin akan menjadi semakin miskin.

Ya begitulah faktanya...

Tenang.. ada solusinya..

Jika anda praktisi SEO, mulai sekarang JANGAN pernah bermain keyword generik. Kudu bin wajib main LONGTAIL KEYWORD. minimal 4 kata.

Sebagai contoh, web saya dengan keyword: "gamis anak perempuan 7 tahun syari" nongol di page one gan! meskipun tetep kalah dengan Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya..

long tail keyword masih ada peluang
long tail keyword masih ada peluang



Ya lumayan lah, masih bisa nongol di page one.


0 Response to "Sedihnya SEO didominasi pemain besar"

Posting Komentar