My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Karyawan Senang, Client Senang, Perusahaan Untung

Pernah denger frasa ini?

Kalau customer senang, karyawan senang, perusahaan senang, perusahaan profit..

Saya udah sering denger ini, cuman kadang saya masih bingung, mana dulu yang mau digapai? karena mulai dari mana aja akan sangat logis. misal...

Perusahaan profit, maka perusahaan senang, maka bisa ngasih promo banyak ke customer, customer senang. Bisa ngasih bonus ke karyawan, karyawan senang.

atau..

Karyawan senang, kerja jadi ringan, service ke customer/client jadi prima, perusahaan dapet profit, perusahaan senang...

atau...

Customer senang, perusahaan dapet profit sehingga senang, bisa ngasih bonus ke karyawan, karyawan pun senang..

atau...

dan beberapa kombinasi lainnya, silakan berimajinasi sendiri.

Ini yang biasanya disebut dengan compounding / snow ball effect / simultan.. Secara teori mah manis ya, mudah dimengerti. tapi prakteknya gimana??? nah ini yang susah...

Kalau buat saya, paling mudah untuk mempraktekkan ini adalah dengan dimulai dari....

KARYAWAN SENANG


membuat karyawan senang lebih mudah ketimbang buat customer senang. Juga jauh lebih mudah daripada membuat perusahan profit. karena Karyawan ya dalam lingkar pengaruh kita. Karyawan sangat dekat dengan kita. Ibaratnya aksi keputusan perusahaan saat ini akan lsg terasa oleh karyawan.

Jadi akan sangat mudah kalau mulai dari karyawan senang, baru ngejer yang lain..

oya hati2, jangan sampai membuat karyawan senang, malah membuat karyawan ngelunjak, baca:

tapi.. but.. somehow...

Cara yang paling REALISTSTIS adalah dimulai dariiiii...

CUSTOMER SENANG


entah gimana caranya buatlah supaya customer senang! kadang ini harus saya lakukan dengan membuat karyawan saya tidak senang. misalkan: bikin pekerjaan yang susah, bikin pelaporan yang susah, SOP yang ketat, dan lain sebagainya. ini ngebuat karyawan kesusahan, dengan harapan output customer senang.

Nah dengan senangnya customer, ini soal profit-loss.. kalau customer senang tinggal diulik2 gimana caranya supaya kita bisa profit. Dari profit tersebut, anda bisa ngasih bonus ke karyawan, anda bisa melonggarkan sedikit tentang SOP yang ketat itu.

memang betul, karyawan senang bukan hanya soal uang atau bonus. Tapi dengan adanya uang, perusahaan bisa explore lebih banyak hal. Bisa memperkerjakan karyawan yang lebih jago, bisa ngasih pelatihan, bisa ngasih kesenangan, dan lain sebagainya. tujuannya ya balik lagi, supaya karyawan senang.

nah begitulah teori saya, anda mau yang mana?
selamat mencoba.. []

0 Response to "Karyawan Senang, Client Senang, Perusahaan Untung"

Posting Komentar