My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Gagap Kerja Sama

Saya sedang mengalami gagap kerjasama. Artinya ternyata saya ga bisa kerjasama dengan baik jika jadi bawahan.

Sudah 6 tahun ke belakang saya ngebangun perusahaan saya dari 0, sampai skg 30-an karyawan. Dari pertama sampai sekarang, keputusan saya selalu mutlak. Mutlak belum tentu selalu benar loh ya, banyak juga keputusan saya yang salah.

Artinya sudah 6 tahun ke belakang saya menjadi pengambilan keputusan tertinggi, tanpa harus tanya siapa siapa, tanpa harus minta persetujuan siapa siapa.

Nah sekarang saya dan teman kuliah dulu lagi bikin startup baru namanya Borongdong.id, yaitu marketplace khusus ASN, ngejual produknya UMKM. Posisi saya di sini sebagai Marketing, langsung dibawah CEO nya, dan berkoordinasi dengan divisi lain.

Jalan baru 3 bulan, ternyataaaa... banyak sekali konflik yang terjadi.

Dan mostly karena saya ngotot apa yang saya pikirkan benar. Karena saya terbiasa mengambil keputusan sendiri.. bayangin 6 tahun kaya gitu, tiba2 harus kerjasama dengan orang lain sebagai bawahan.

Jadi setiap ada plan baru yang ingin saya lakukan, seharusnya kan memang melalui persetujuan CEO-nya ya. Baru didistribusikan ke divisi lain, diproses, baru dieksekusi atau tidak plan tersebut.

Biasanya selama ini ketika saya dapat ilham atau ide baru yang saya rasa ok, ga pakai lama, langsung sikaaattt, langsung eksekusi.. Sekarang harus direm 1-2 hari sampai approval tim.

Ya di organisasi itu ada jalur komando nya. Di organisasi itu ada beda beda pengalaman dan gaya kerjanya. Saya harus membiasakan diri akan hal ini.

Selama ini biasanya saya yang mem-push bawahan saya supaya ikut dengan jalur komando yang saya desain, dan gaya kerja saya. Sekarang saya yang harus bisa nge-blend ke tim yang lain, harus mau nerima kalau saya ga selamanya benar, harus mau nerima kalau selamanya plan saya tidak bisa langsung dikerjakan.

Ya begitulah. ini berat.

Makannya saya bilang, saya dengan gagap kerja sama. Seperti orang gagap, bingung. Maju kena mundur kena. Perlu dihadapi.

Berkali kali saya berpikir untuk keluar dari tim ini, tapi selalu ga jadi, karena saya belum berprestasi! kalau saya keluar dengan kondisi tim masih seperti ini, artinya saya LARI alias KABUR. saya ga naik level. tim juga ga dapet apa apa.. Kontraproduktif. bad decision.

Saya kudu bertahan, harus bisa keluar dari keterpurukan, harus bisa menjadi anggota tim yang baik. HARUS NAIK LEVEL! Mungkin jarang orang dikasih kesempatan seperti saya ini..

Banyak sekali artikel di blog ini yang ngebahas soal pengalaman kepemimpinan saya di perusahaan saya, tapi kalau tentang saya yang dipimpin rasanya belum ada. Dan nyatanya, leadership saya masih jelek sekali, jauh dari harapan. Belum bisa memengaruhi orang, belum bisa mendengarkan, belum bisaaa.... wah banyak lah...

Ada artikel terkait ini, tapi dari sisi saya yang mewawancarai mantan pebisnis / pebisnis yang malah jadi cari kerja. Mungkin orang2 itu saya terima, akan merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan. nih baca di sini ya: https://www.garoblogz.com/2021/02/bisnis-lalu-kerja.html

Bismillah []

0 Response to "Gagap Kerja Sama"

Posting Komentar