My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cikal Bakal Frustasi

Beberapa hari lalu saya menjumpai teman lama saya, yang ternyata sedang frustasi, kasihan.

Tapi bukankah kita semua pernah frustasi?
saya pernah beberapa kali, dan alhamdulillah skg siap menerima frustasi selanjutnya kok.. he he

Yes kita semua pernah frustasi. setelah saya pikir pikir, apa sih yang menyebabkan kita frustasi?

MENUNDA MASALAH

saya mengingat ngingat masa masa saya frustasi, frustasi kecl dan frustasi besar, ternyata cikal bakalnya adalah menunda masalah.

Menunda masalah adalah cara paling cepat menyelesaikan masalah secara sesaat dan semu. tapi hasilnya? masalah akan terus bertumpuk dan bertumpuk, jika tidak segera dibereskan akan sangat berpotensi untuk jadi biang frustasi kita.

kawan saya itu memang banyak sekali menunda masalah pribadinya dia. Memang pelik pelik sih.
Salah satu contohnya adalah dia menunda kelulusan kuliah S2 nya. macem macem alasannya, tapi menunda tetep saja menunda.

Soal ga lulus lulus seperti ini, saya belum pernah menemukan seseorang ga lulus kuliah karena bodoh. Tapi lebih tepatnya mereka menunda nunda tugas yang diberikan, sampai penundaan itu berubah jadi gunung, sampai sampai bingung mau mindahin gunung tersebut, ujungnya ya jadi ga lulus deh. Pernah megnalami?

jangankan hal besar seperti itu. Hal kecil saja, contoh, saya menunda mengganti air galon di rumah. Tau tau ketika saya mau bikin kopi, eh!!! air galon habis!! kesel kan? padahal ini gara gara saya sendiri.

bayangkan, itu masalah kecil yang sederhana. Menunda masalah hanyalah menghasilkan masalah baru di lain waktu. Sekarang bagaimana jika masalahnya kompleks? wah ga kebayang deh.

Semua masalah itu pasti ada solusinya, ga mungkin enggak! ini ada dalilnya, silakan Googling sendiri ya..

Sementok mentoknya masalah yang anda hadapi, anda punya 1 solusi terakhir. yaitu: menyerah dan pasrah. Tapi dengan catatan, anda sudah ikhtiar segala macem ya.

Jika memang ada 1 masalah yang sangat kompleks, anda sudah ikhtiar sekuat tenaga, sudah minta tolong sana sini, terkahir ya tinggal menyerah dan pasrah. Dengan menyerah, anda melepaskan semuanya pergi. Dengan pasrah, anda berarti memaafkan diri anda sendiri. Campur dengan doa pada Allah, akan membuat masalah selesai! percaya deh.

Saya pernah mengalami hal tersebut, ketika sudah menyerah dan pasrah, lalu berdoa... tau tau ketika saya udah ga mikirin masalah tersebut, ehhhh tiba tiba kepikiran solusinya! Allahuakbar, Allah maha kuasa.

Balik lagi ke judul...

Jika masalah anda begitu kompleks, yang biasanya terdiri dari masalah masalah kecil yang simple.
Jika semua masalah itu disebabkan oleh keteledoran anda sendiri..
Jika anda tidak ada niat untuk segera menyelesaikan masalah baru yang akan datang pada anda.
Jika anda tidak bisa memaafkan diri sendiri..

99% frustasi akan menghinggapi diri anda.

ya bgeitulah postingan ngawur ini, mudah2an bisa bermanfaat dan dipraktekkan.

0 Response to "Cikal Bakal Frustasi"

Posting Komentar