My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Otomasi di Dunia Jahit Menjahit

5 tahun saya full time bisnis yang kaitan langsung jahit menjahit, ternyata perubahan teknologinya tidak terlalu siginifikan. atau nyaris ga ada ya? hehe..
dari 5 tahun lalu sama sekarang, proses jahit ya gitu gitu aja, alat jahit ya gitu gitu aja.
dari 5 tahun sampai skg, motong kain ya gitu gitu aja, ga ada teknologi baru, ga ada alat baru....

bagus apa jelek? jelas jelek!

Teknologi itu harusnya terus berkembang. tapi tidak di kami, sungguh sedih.

Dengan adanya teknologi atau otomasi apa sih yang didapat?
produksi lebih cepat, lebih murah, dan lebih banyak. Kalau teknologi tidak menjawab ini, artinya teknologinya belum EKONOMIS, alias belum bisa dipakai di sisi industri.

Apa sih yang membuat teknologi jahit menjahit ini tidak berkembang? seujujurnya saya ga nyari secara aktif, saya hanya "wait and see", kalau ada orang yang pakai teknologi baru baru saya pakai. alias pasif...

Seandaikan ada teknologi baru, otomasi baru di dunia jahit, apa sih yang menjawab "pain poin" kami? teknologi apa yang dibutuhkan?

1. mesin hampar kain otomatis

Kain yang beredar di pasaran itu umumnya dalam bentuk roll. Sedangkan untuk memotong kain, kain ga bisa dalam bentuk roll begitu, harus dihamparkan.

kalau belum kebayang lihat gambar di bawah ini:

contoh menghampar kain
contoh menghampar kain

kegiatan hampar kain atau ngampar kain ini minimal dilakukan oleh 2 orang. Kain dihamparkan sepanjang meja potong.

sekarang bayangkan jika ada mesin yang cukup hanya membutuhkan 1 orang, untuk melakukan ngampar ini. jd ada penghematan kan? harapannya lebih cepat, lebih murah, dan hasilnya lebih banyak....

2. Mesin pisau pond kain besar

Pisau pond sebenernya teknologi lama ya. Yang intinya memotong sesuatu bukan pakai gunting, tapi pakai pisau yang tercetak, lalu ditekan. lihat gamabr ini kalau bingung

contoh pisau pond untuk pembuatan sendal
contoh pisau pond untuk pembuatan sendal

Saya pernah lihat ada pisau pond untuk kain, tapi untuk potongan potongan yang kecil. Saya belum pernah menemukan pisau pond ukuran besar.

Seandaikan saja ada, apa saja yang bisa dihemat? proses penggambaran kain jadih jauh lebih cepat, dan potongan bisa jauh lebih presisi. mantap kan?


3. Mesin Quality checker

Sebenernya ini yang paling belum kebayang oleh saya. Selama ini produk yang selesai dijahit, akan dicek oleh manusia, dengan "mata telanjang", mana yang bagus mana yang tidak.

kelemahannya, kalau dicek dengan manusia terlalu banyak errornya. Paling umum ya sering terlewat, dan standar cek tiap orang orang berbeda.

seandaikan ada mesin yang bisa ngecek ini. wuh keren banget. Produk tinggal masukkan ke conveyor belt, melalui box tertentu, akan keluar bahwa produk tersebut QC pass atau tidak QC pass. wah keren kan??

4. Mesin lipat otomatis

Ini ssbenernya udah ada sih di pasaran, tapi kalau ga salah hanya ngelipet kaos saja.

Bagaimana jika gamis? jilbab? jaket?

keren kalau misalkan ada....

0 Response to "Otomasi di Dunia Jahit Menjahit"

Posting Komentar