My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Word of Mouth dalam Bisnis Online?

Baca dulu:


Apa sih word of mouth itu? word of mouth adalah mulut ke mulut, alias berita yang menyebar secara mikro dari orang ke orang... Hati hati ya, mulut ke mulut bahasa Inggrisnya adalah word of mouth, bukan moouth to mouth... Dan katanya sih bahasa bakunya adalah getok tular.

Sebenernya mau anda bisnis online ataupun bisnis offline, word of mouth itu sangat penting sekali. Lagian sekarang udah ga ada bedanya kok Bisnis offline ata bisnis online.


kenapa penting?

Jika sudah terjadi apa yang namaya word of mouth, biasanya ini bukanlah rekayasa, biasanya terjadi di kalangan customer to customer. artinya apa? yang punya brand ga perlu bayar iklan! enak toh? terkenal tanpa harus bayar.. Word of mouth ini liar sekali, kalau yang terliar biasanya akan menjadi viral di social media.

Kalau di funelling theory, merekomendasikan (awal mulanya word of mouth) adalah bagian bawah dari corong, bahkan seringnya sih paling bawah.. berarti nilai nya besar sekali dibanding dengan corong paling atas (impression). Ibarat kata gini... 1 orang yang merekomendasikan bisnis anda, itu lebih baik daripada 10 orang yang hanya lihat produk anda kan? kalau 1 banding 100? kalau 1 banding 1000?

Secara kasar menurut saya, 1 : 100.000 itu sudah bagus. Artinya dari 1 orang yang merekomendasikan produk anda, dibtuhkan 100.000 impression.

Cuman masalahnya membuat orang membicarakan produk kita, merekomendasikan produk kita, itu ga gampang.

Supaya lebih mudah, kita pakai metode falsifikasi. Yaitu dengan menghindari hal hal yang bisa membuat brand kita ga menyebar, atau menyebar tapi negatif...

berikut caranya:

1. fast response

WAJIB! online shop sekarang ga fast response percuma. Ini baik chat, maupun pengiriman barang ya

2. jangan merasa benar

ini parah, banyak saya lihat online shop yang dikomplain, malah "nyerang" balik customer. Terlepas dari siapapun yang salah, "menyerang" customer soal komplain tetep aja salah. Orang malah jadi males ke brand kita kalau kaya gitu

3. jangan ubah orderan seenaknya

Pernah baca keterangan "jika kosong akan kami kirim random" ? ini menunjukkan si online shop ga bisa ngelola stok dengan benar. Saya sih ogah merekomendasikan online shop yang kaya gini. Lbeih baik kontak dulu customer kalau barang kosong, diskuskian solusinya.. Pengalaman saya sih, kalau kita datang dengan niat yang baik dan ramah, customer mau kok rubah orderannya..

==

udah deh 3 poin itu dulu aja, mungkin nanti saya bahas lagi soal word of mouth ini. Intinya semakin baik performa online shop anda, semakin besar peluang word of mouth terjadi

0 Response to "Word of Mouth dalam Bisnis Online?"

Posting Komentar