My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bagaimana Jika Algoritma Google dibuka Ke Public?

Saya praktisi SEO sudah 10 tahun lebih.. apakah saya expert? tidak

Apakah ada orang yang expert? saya sih belum nemu

Yang banyak sih yang ngaku expert, lalu menawarkan jasa SEO. Kalau iya dia sejago itu dalam SEO, kenapa ga buat bisnis sendiri selain bisnis SEO? SEO kan powerful banget, SEO adalah marketing termurah, karena sekalinya udah "kena" ga akan ada biaya apa2 tiap klik...

Saya jadi bertanya tanya, apa jadinya kalau Google publish algoritma search engine mereka? atau gimana kalau Instagram juga buka algoritma mereka? apa yang terjadi?

Game Spekulan, Fake Quality

Bayangkan anda main kartu, lalu anda tau faktor faktor apa saja yang PASTI jadi faktor keluarnya kartu anda.. Apa yang anda lakukan?

Jelas! anda akan fokus ke faktor faktor itu, bukan ke kartunya..

Alhasil anda akan menggunakan segala cara untuk merekayasa faktor.

Kalau ngomongin search engine, faktor yang kemungkinan besar ada adalah kualitas konten. Dari mana mesin tau kalau kualitas konten itu bagus? paling simple: BANYAK YANG SHARE

sehingga akibatnya orang akan fokus nyari orang untuk share konten mereka, tanpa peduli kualitas...

Inilah game spekulan, dan fake qualilty...

Ga terlalu ngawur lah teori saya ini...


Biaya ads turun

Orang udah tau cara ngakalin search engine, otomatis pengiklan mending usaha dulu untuk ngakalin itu daripada bayar iklan. Kalau yang ngiklan sepi, biaya bid jadi rendah, ya hasilnya biaya ads secara keseluruhan jadi rendah.

Apakah baik atau buruk? belum tentu..

Kalau ternyata orang yang ngakalin bisa dapet lebih banyak traffic ketimbang pakai ads gmn? ya mending ngakalin SEO aja... akibatnya biaya ads makin turun dan makin turun..

Kalau dibalik, apakah biaya ads yang tinggi itu berarti lebih baik? secara umum YA! karena jika anda mengiklan suatu barang yang banyak orang ngiklan juga, dan pasang bid tinggi, artinya barang itu profit! artinya barang itu menguntungkan. artinya ngiklanin itu bisa dapetin untung.. logika simple ya?

==

Masalahnya.... Apakah mungkin Google atau Facebook atau apapun itu ngebuka algoritma search engine mereka? ya ga mungkin dong! 2 faktor di atas udah cukup menjawab.

Jadi jangan percaya kalau ada orang yang ngaku ngaku tau algoritma search engine. Yang ada juga dia tau cara meng-optimasikan search engine, sehingga lebih menguntungkan bagi dirinya. itulah mengapa namanya SEO = Search Engine Optimization --> tidak ada hasil sempurna (tahu algoritma dengan pasti), yang ada hanya mencari yang paling tidak merugikan (optimization)

lagian... Jika pun Google mau buka algoritma search engine mereka, emang bisa?

ini saya mulai agak ngawur.. Rasanya ga mungkin algoritma Google itu seperti rumus persamaan linear.. Pasti variablenya banyak banget... saking banyaknya variable itu sehingga tidak ada notasi yang bisa menyatakan itu, yang ada hanya input --> process --> output..

jadi menurut saya, ga ada di dunia ini yang tau pasti algoritma Google, bahkan karyawan Google sendiri! atau mungkin CEO nya juga ga tau...

Kalau ada karyawan yang tau pasti, dan bisa meng-implementasikannya, pasti udah kaya raya dong...


ya sekian aja percikan pemikiran di minggu sore ini..


tetep produktif.. tetep menulis.. karena menulis itu untuk peradaban (meski ga ada yang baca). hehe

0 Response to "Bagaimana Jika Algoritma Google dibuka Ke Public?"

Posting Komentar