My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Hati-hati Hacker Password

Barusan saya cek email spam saya, kaget saya ada email dengan judul salah satu password saya, pas ketika saya buka email nya, memang bener ternyata orang ini tau salah satu password saya.
password dihack orang
password dihack orang


Dulu memang saya berpikir 1 password utk semua akun, supaya gampang ngingatnya, tapi udah setaun kebelakang password saya beda-bedain..

Sangking banyaknya akun online yang kita punya, pasti pusing kan manage passwordnya.. Sebenernya ada fitur yang "enak" dari Google Chrome, jadi bisa save semua password kita. Apakah Google bisa dipercaya? saya rasa dari semua pilihan provider yang bisa kita percayai, Google adalah yang paling mending.

Berikut tips saya supaya kita aman dalam dunia online...

Bedain password tiap akun

Di atas saya udah singgung dikit, jadi password kita diketahui orang lain itu sepertinya tak terhindarkan. Makannya akan bahaya kalau kita hanya menggunakan 1 password utk semua akun kita. Bijaknya dibedakan setiap akun. Jadi jika orang tau 1 password kita di platform tertentu, belum tentu dia bisa tembus ke platform lain.

Apalagi platform bank, bahaya banget kan kalau orang bisa tau?

ada 2 cara sih, dulu saya biasanya memasukkan nama si platform di password nya. Contoh: misalkan saya daftar akun McKinsey, passwordnya akan seperti ini kurang lebih mckinseyghani123. Jadi jelas setiap platform akan menggunakan password yang berbeda..

Tapi sekarang ada yang lebih praktis dan lebih susah, yaitu pakai Password Generator.

Gunakan Password Generator

Silahkan Googling sendiri, banyak banget website password generator. Di sini kita bisa set mau password mengandung elemen apa, angka dan huruf, angka huruf kapital, simbol, dan masih banyak lagi. Dan bisa set juga berapa panjang karakter password yang mau kita generate. Maka kombinasinya bisa triliunan kan?

Kelemahannya, password ini ga bisa kita ingat. Jadi setiap mau login, kita harus COPAS password tersebut dari suatu tempat. Saran saya gunakan Google Docs aja.

Simpan di Google Docs

Di atas saya singgung, cuma Google lah yang paling layak kita percayai dalam menyimpan password kita. Bahkan lebih bisa dipercayai daripada simpan di aplikasi HP Sendiri loh. HP sendiri bisa banget di-remote oleh orang lain, dan yang paling sering kejadian ya human error, yaitu HP Nya ilang! kalau HP ilang mampus lah kita. hehe

Kalau kita simpan password kita di Google Docs, kita bisa akses file tersebut kapan saja dimana saja dan melalui platform apa saja. Syaratnya cuma 1, yaitu kita HAFAL password akun Google yang bisa akses Google Docs tersebut.

Jadi meski berbagai macam password kita pakai password generatir, ada 1 password yang harus kita hafal, yaitu password akun Google ini.

Kelebihan lain menyimpan password di Google Docs adalah bisa share ke ahli waris kita. Saya pribadi men-share file password saya ini ke istri saya, jaga jaga siapa tau saya meninggal duluan, akan sangat susah keluarga utk akses file file saya kalau ga tau passwordnya.

==

Nah sekian tips dari saya, kalau anda mengalami hal yang sama seperti saya, jangan panik dan lakukan 3 langkah di atas ya.

eh iya mungkin agak panik kalau si hacker tau password Google kita, tp ga perlu khawatir, bisa ditanggulangi dengan ganti password sebulan sekali, bagus kalau mau seminggu sekali.

0 Response to "Hati-hati Hacker Password"

Posting Komentar