My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Gimana Caranya Bisa Viral?

Ah semua orang mau viral.. Saya coba runut beberapa kejadian viral di negeri ini yang saya ingat... Briptu Norman, Aw Karin, Mantap Pa Eko, Iron Man Bali (Hoax), dan yang terakhir Adi Londok.. Kita lihat saja "nafas" Adi Londok ini berapa lama..

Apa keuntungan viral? ya jelas terkenal. Lebih jelasnya, terkenal dengan biaya yang sangat sangat murah. Orang yang viral tidak perlu bayar iklan ratusan juga, tidak perlu bayar TV miliaran rupiah.. Media dengan sukarela meliput mereka, karena mereka adalah "bahan" yang baik untuk media tersebut.

Kenapa bisa viral? apakah kontennya bagus? ah tidak juga. Yang jelas syarat utama untuk jadi viral adalah banyak orang yang share! Kejadian kejadian viral ini kan baru ada di era sosial media, jadi semakin banyak orang yang share tentang anda, semakin viral anda.

Saya sempat berpikir, ah mungkin yang viral viral itu ada "mafia" di belakangnya.. Tapi rasanya nyaris ga mungkin, karena saya tidak menemukan "pola" brand / entitas politik / entitas tertentu dibalik kejadian kejadian viral. Kalau memang "by design" pasti ketauan siapa dibalik semua itu, ya pemodal besar..

Nah sekarang gimana caranya biar viral?

Perlu anda tahu, viral itu banyak tingkatannya.. Bisa viral di sekoalahan, bisa viral di komplek rumah (gosip tetangga, hehe), bisa viral di lingkungan sosmed sendiri, viral di kalangan alumni almamater, dan yang paling keren ya viral se-dunia...

Makin gede cakupan ke-viral-an itu makin susah juga dicapai. ya iya lah... karena butuh makin banyak orang yang share..

Syarat utama anda mau viral adalah anda HARUS BIKIN KONTEN... Kontenya bisa apa saja, bisa konten sampah, konten prestasi, konten serius, konten boong-boong-an, dan masih banyak lagi. Jadi kalau anda pengen viral, tapi kerjaannya hanya diem aja, jangan harap ya.

Syarat kedua, anda harus BEDA! dari berbagai macam konten yang beredar di internet, makin ke sini orang akan makin "skip" dengan orang yang itu itu aja.. Kalau di buku yang saya baca, analoginya seperti kita lagi jalan di perjalanan padang rumput, sepanjang jalan kita melihat sapi warna putih, ehh tiba tiba ada sapi warna pink! tentu kita akan mempertanyakan bukan?

Sebenernya dari 2 sarat itu sudah cukup untuk jadi viral, tinggal dibutuhkan keberuntungan yang super duper mujer dateng ke diri anda.

Ada syarat ketiga, yang sebenernya untuk meningkatkan peluang keberuntungan anda. Yaitu BIKIN KONTEN SEBANYAK-BANYAKNYA... Anda ga akan pernah tau konten mana yang bagus dan mana yang jelek kalau tidak membandingkannya satu sama lain.. Simple kan? semakin banyak konten yang anda buat, semakin anda bisa belajar memilah mana konten yang baik dan jago anda kerjakan.

Beberapa post blog ini sempat viral juga.. Saya pernah bikin postingan tentang teman saya yang jualan di pasar, viral tuh di kalangan alumni, lumayan nambah pageview website dengan sangat drastis. ini artikelnya: https://www.garoblogz.com/2017/03/lulusan-itb-jualan-sembako-di-pasar.html

Tapi udah sampai situ saja, ga nembus sampai tingkat nasional. hehe..

Dan 3 tahun kemudian, saya belum bisa membuat konten yang  menyamai ke-viral-an konten itu... Susahnya men...

jadi... kesimpulannya.. kalau anda berangan ingin viral, BIKIN KONTEN dari sekarang! mau di Blog kek, di Youtube kek, di Facebook kek, dimanapun itu. mulai ssekarang!

0 Response to "Gimana Caranya Bisa Viral?"

Posting Komentar