My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Budget Iklan TRAP

Saya gatau ini istilah baku atau tidak. Jadi budget iklan trap itu "jebakan" kalau kita maenin budget iklan.

Yang paling sering saya alami adalah jika saya naikkin budget iklan, CPC nya kemungkinan besar naik. Padahal perhitungan menaikkan budget mendasar pada CPC existing sebelumnya.. Ini lah mengapa (pasti anda mengalaminya juga), menaikkan budget iklan 2x lipat bukan berarti mendapatkan omset yang 2x lipat juga. Seringnya justru kurang dari itu.

Ini contoh gambar performa salah satu iklan saya di Google Ads

performa iklan Google Ads
performa iklan Google Ads


Bisa dilihat biaya (cost) bertambah seiring dengan rata rata CPC. Cost bertambah itu ya karena budget hariannya saya tambah..

Hal sejenis saya alami di FB ads juga. Wah kalau FB ads lebih parah, kadang nambah budget malah click nya aja ga melebihi dari budget sebelumnya. haha

Nah jadi apa solusinya?

never change your winning set

Saya rutin dapet telpon dari staff marketingnya FB dan Google, untuk konsultasi performa iklan saya. Pernah saya dikasih tau tips bahwa "never change your winning set", jangan pernah rubah pengaturan kemenangan anda.

jadi jika kita sudah memiliki performa iklan yang bagus terhadap omset/goals kita, JANGAN PERNAH dirubah! meskipun anda "beruntun" membuatnya pertama kali, meskipun tanpa perhitungan yang detil, kalau iklan itu works, ya biarkan saja..

Ya betul saya alami sendiri, ketika saya berhasil membuat iklan yang berhasil boost omset kami, saya coba untuk naikkan budgetnya, eh malah melempem... dan ini terjadi ga hanya sekali, mungkin udah puluhan kali.

Jadi untuk saat ini sih saya berpegang ke 2 prinsip ini:

  1. jika ingin menaikkan budget, maksimal 2x dari budget sebelumnya.. itu pun jika memang siap menerima resiko performa iklan turun jadi setengahnya
  2. "tutup mata" terhadap metrics performa iklan, jika ternyata penjualan lagi naik

buat campaign baru

Ini bisa jadi alternatif jika anda mau meningkatkan lagi penjualan anda. Performa iklan yang sudah bagus, biarkan, dan buatlah campaign baru dengan objektif yang berbeda.

Misalkan iklan yang berhasil itu objektifnya adalah traffic website, buatlah iklan baru yang objektifnya seperti conversion, leads, awareness, dan lain lain..

Harapannya winning set anda bertambah jadi 2. Dengan ini lebih memungkinkan penjualan meningkat drastis, ketimbang menambahkan budget winning set anda.

Nanti juga CPC-nya turun

Nah sebenernya, kalau budget anda kuat dan mau bersabar, CPC pelan pelan akan turun kok.. Pengalaman saya setidaknya 3 hari, CPC akan turun lagi, tapi tidak akan menyamai CPC ketika sebelum budget dinaikkan.

Praduga saya, algoritma dari FB ads atau Google ads itu mencoba menyesuaikan budget yang baru dengan mengabiskan secepat cepatnya, alhasil CPC naik, lalu pelan pelan diturunkan oleh si "robot" ini, sehinga menemuka CPC baru yang lebih stabil. ber-iterasi. ya kurang lebih seperti itu lah. hehe

==

Semoga bermanfaat, jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan japri aja ya...

0 Response to "Budget Iklan TRAP"

Posting Komentar