My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Nulis Blog itu Enak

Saya tiap hari buka Facebook dan Instagram, anda juga gitu kan? tapi saya jarang sekali bikin postingan, ya bisa dibilang mungkin sebulan sekali juga ngga.

Saya suka memantau socmed, melihat yang lagi rame, liatin temen2 lagi sibuk ngapain, nontonin video viral, nonton video bola, dan masih banyak lagi..

Tapi saya ga suka update status, atau posting apa2 di socmed. Kenapa? Soalnya buat saya, update status disocmed itu melelahkan!

Dulu waktu masih sering update status, dikit dikit buka HP berharap ada yang like atau comment.. duh melelahkan sekali. Dan lagi ga semua update status itu responnya bagus, jadinya makan hati. Dicek setiap 5 menit sekali tapi ga ada yg likes kan ngenes.... hehe.

Ya mungkin karena saya bukan orang terkenal kali ya, dan juga bukan orang yang punya banyak teman. Jadinya seringnya sih saya update status itu ya "kriikk kriikkk krikkk".. itulah alasannya..

Daripada nulis status di FB, saya lebih memilih nulis blog setiap hari! ya setiap hari. ini sudah berjalan dari Desember 2019 (belum setaun), dan saya hanya bolong 5x (kalau ga salah)..

Ternyata nulis blog itu enak!


pertama, karena blog emang didesain bukan untuk banyak engagement (comment / like), jadinya ya abis posting ga harus sering sering dicek. Blog saya ini dengan total 350++ post, yang comment ga sampai 100. dikit kan? ya memang begitu "nature" nya blog.

kedua... Saya belajar banyak tentang kreativitas dengan nulis blog. Menelurkan 1 tulisan per hari itu lumayan juga loh, bahkan pernah sempat sakit karena mikirin blog ini.. Kalau lagi terinspirasi ada judul sih enak, tinggal nulis aja.. Tapi kalau lg stuck? duhh kadang kesel..

tapi kayanya kalau posting di FB tiap hari juga bisa ngelatih kreativitas deh..

kertiga... Hasil dari blog itu ga instan.. Saya sudah jadi blogger dari tahun 2010 (lupa lupa ingat), pengalaman saya, jika kita nulis hari ini, baru "terasa" ada orang yang baca itu 1 - 3 bulan kemudian.. 

kok bisa gitu? ya ini tergantung si Google nge-index blog kita..

Jadi jika anda nulis di blog pribadi anda, postingan anda itu tidak akan langsung bisa di-search oleh Google. Google harus meng-index dulu postingan anda tersebut, menggunakan apa yang namanya crawler / robot..

Nah kalau udah ke-index, postingan kita akan bertarung dengan postingan lain yang sudah ada.. Pertama kali postingan kita ter-index itu kemungkinannya sangat kecil masuk ke no 1 pencarian Google.. Meski anda masuk ke page-2 atau page-3, tapi kalau orang nge-klik postingan anda dan suka, Google bisa tau! nah lambat laun postingan anda akan naik ke page-1

Itulah mengapa banyak sekali saran dari pakar SEO, bikinlah konten yang unik, seunik mungkin. Karena persaingan di search engine masih tidak terlalu tinggi... Jadi peluang postingan kita bertengger di page-1 lebih besar..

proses ini panjaaaanggggg sekali.. dan belum tentu berhasil! haha... jika konten anda tidak lebih baik dari page-1 Google dengan kata kunci yang sama, jangan harap deh bisa muncul ke permukaan..

Itulah mengapa saya bilang 1-3 bulan..

Jadi... karena hasil yang tidak instan ini, saya jadi menulis dengan "ikhlas" tanpa pamrih.. hehe.. Karena saya tau, nulis hari ini panennya tidak hari ini, maka saya hanya nothing to lose saja.. Nulis sebanyak banyaknya, sebisa mungkin, se-serius mungkin... Nanti kalau ternyata banyak yang liat alhamdulillah banget, kalau ga ada juga gapapa, toh kreativitas saya udah diasah melalui menulis ini..

==

OK itulah mengapa saya bilang nulis blog itu enak... semoga bermanfaat.

0 Response to "Nulis Blog itu Enak"

Posting Komentar