My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Guts Feeling

Baca dulu: https://www.garoblogz.com/2020/01/review-buku-blink-malcolm-gladwell.html

Ternyata Guts Feeling atau intuisi ini penting sekali dalam bisnis. Bahkan om Rhenald Kasali menyarankan, pemimpin perushaan untuk menggunakan intuisinya untuk mengeluarkan perusahaan dari masa krisis. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/09/marketing-in-crisis-rhenald-kasali.html

Menurut beliau, di masa masa krisis, dibutuhkan keputusan yang cepat, murah, dan tepat. Intuisi seorang boss berpengalaman setidaknya sudah memenuhi 2 kritria yaitu CEPAT dan MURAH, sedangkan TEPAT bagaimana? ya itu tergantung experience si boss. Menurut saya kalau ketepatan sudah 80% itu udah OK banget

Sebelum mengetahui fakta ini saya selalu berkutat terus menerus dengan angka, mencari data mana yang pas dijadikan model forecasting penjualan bisnis saya. Sampe pusing kepala. hehe

Akhirnya, baru seminggu ke belekang lah, saya tidak mengolah data dengan sangat detil. Cukup memberi gambaran saja, lalu saya putuskan sesuatu berdasarkan data "kasar" tersebut.

Keputusan apa saja yang biasanya saya ambil?
  • biaya marketing minggu depan
  • distribusi biaya marketing
  • biaya produksi minggu depan
  • distribusi biaya produksi
Keliatannya simple ya? tapi ga segampang itu loh.. beneran..

Selain ke-4 hal di atas memang biasanya saya mengandalkan guts feeling saya kok. 4 hal itu spesial karena membutuhkan uang yang tidak sedikit. Ada rasa ketakutan kalau feeling saya salah.

Padahal faktanya dari keputusan guts feeling saya, saya berani bilang 50% nya tepat lah. Keputusan2 itu meliputi: penerimaan karyawan, pemecatan karyawan, pemilihan vendor dan lain lain.

Kita lihat saja nanti, apakah keputusan saya untuk rencana minggu ini akan berhasil?

Oya saya terbiasa untuk mengambil timeframe itu mingguan, ini lebih enak daripada bulanan. Mingguan itu cycling dia, alias muter, jadi akan selalu ada Sabtu - Minggu - Senin, dst dst. Ini bisa beda beda, tergantung selera..

Aapakah mungkin mencapai akurasi 90%++
Oh mungkin banget. Ini masalah pengalaman kerja aja.

Sama seprti Cristiano Ronaldo. Doi latihan extra keras, pengalaman tanding yang bejibun. Apa setiap dia main bola dia berhenti sebentar untuk memuskan keadaan? tentu tidak. Cristiano Ronalod bergerak dari insting 1 ke insting lainnya, hal hal seperti ini biasanya disebut dengan bakat.

Ya jadi intiny, guts feeling mutlak dibutuhkan oleh owner bisnis, yang jadi masalah adalah seberapa banyak pengalaman anda? seberapa akurat predksi/gurs feeling anda.



0 Response to "Guts Feeling"

Posting Komentar