My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Bisnis Kecil2an

Menjawab pertanyaan ke saya yang menanyakan kalau mau mulai bisnis kecil kecil-an gimana caranya? Bisnis kecil-kecil-an apa ya? dan masih banyak lagi..

Sebelum lanjut bisa tonton dulu video ini:


Saya akna bahas dulu persepsi orang tentang apa itu bisnis kecil-kecil-an.

1. Usaha minimal untung maksimal?

Ini salah kaprah besar, banyak yang menganggap kalau bisnis kecil2an untung untungan, usaha minimal tapi hasil yang luar biasa. Ini mah namanya judi.

Tapi ada sih contoh nyatanya, orang yang baru mulai bisnis kecil kecilan, eh tau tau dapat ketiban untung besar. Pertanyaannya apakah untuk besar tersebut bisa dia cetak terus? Bisnis adalah soal strategi dan tindakan, jika tanpa strategi anda berhasil, berarti anda beruntnug, keberuntungan beruntun terus menerus adalah suatu ketidakmungkinan.

Jadi tolong buang jauh jauh persepsi bahwa bisnis kecil-kecil-an itu usaha kecil dengan hasil maksimal. Semestinya adalah usaha minimal, untung juga minimal. Atau usaha minimal, syukur kalau ga rugi. hehe

2. Merintis bisnis dari 0 dengan harapannya nanti besar?

Naha kalau orang dengan persepsi ini datang ke saya, saya suka. Karena pemikirannya sudah faham bahwa memulai bisnis supaya besar itu harusnya mulai dari kemarin, jadi kalau sekrang sudah telat.

Orang yang berpersepsi seperti ini, biasanya, menganggap memang bisnis itu awal awal ga akan untung. Dalam jangka pendek, bisnis itu memang susah sekali untung. Tapi bagaimana jangka panjang?

Kalau kita bicara jangka panjang, bukan hanya untung uang yang bakal kita dapatkan. Tapi yang lebih utama dalah pengalaman dan ilmu. Sangat wajar sekali jika anda memulai bisnis kecil kecil-an A, 10 taun kemudian bisnis anda adalah B.

Jadi mulailah bisnis kecil-kecilan dengan harapan bisa punya bisnis besar suatu saat nanti.

3. Bisnis sampingan untuk tambahan penghasilan?

Orang mental kaya gini biasanya adalah karyawan yang sudah kerja lama di suatu perusahaan. Dalam angannya selalu terbesit untuk bisnis, tapi tidak pernah memulai untuk bisnis. Lalu mengatakan bahwa bisnis itu adalah tambahan penghasilan, atau sampingan doang.

Percaya sama saya, siapapun itu yang melakukan bisnis cuma sampingan doang, bisnisnya ga akan berkembang, hanya lari di tempat.

Menurut saya, jika memang anda adalah orang dengan pemikiran seperti ini, kalau mau tambahan penghasilan lebih baik investasi aja. Investasi sekarang mudah dijangkau kok. Se-baca saya, investasi yang "tidak mungkin" rugi adalah investasi reksadana.

jadi daripada anda susah payah nyoba bisnis tapi anda masih mental karyawan, mending keluarin aja uangnya untuk investasi. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/02/mitos-menjadi-full-time-businessman.html


0 Response to "Cara Bisnis Kecil2an"

Posting Komentar