My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Blog Niche Bisnis / Self Help?

Saya sangat menikmati menulis blog ini dengan tema bisnis atau self help. Karena memang keseharian saya diliputi hal itu. Me-manage bisnis dengan saya masih sebagai SUPERMAN, sangat dibutuhkan produktivitas tinggi dan self kontrol yang baik. Ini tidak mudah. Sungguh tidak mudah, tapi saya enjoy! dan enjoy juga share share hal itu di blog ini.

Tapi fakta membuktikan, top 10 dalam 3 bulan terakhir blog saya ini adalah artikel teknis.

Top 10 artikel blog saya
Top 10 artikel blog saya

Saya jadi bimbang, mau melanjutkan menulis apa yang saya suka tapi ga ada yang view. Atau nulis hal hal teknis yang kurang saya sukai, tapi enjoy melihat statistiknya. hehe

Mungkin ini yang dinamakan apakah harus mengikuti pasar? atau idealis dengan keinginan diri sendiri?

Memang sih saya pribadi pun kalau Googling pasti hal hal teknis, hal hal konseptual (motivasi / self help) biasanya memang saya dapatkan dari buku, atau nanya orang berpengalaman. Jadi wajar sekali kalau nulis artikel teknis itu lebih banyak yang view-nya.

Yang membuat saya kurang enjoy menulis hal hal teknis adalah karena hal hal teknis harus runut. Sedangkan hal hal konspetual saya tinggal menumpahkan saja apa yang ada diotak, dan let my fingers do the rest. Bahkan beberapa kali saya ga baca lagi loh apa yang saya tulis, jadi biarin aja ini jari nulis apa, tertuanglah jadi artikel di blog. hehe

Mungkin jalan tengahnya adalah menulis hal hal self help yang menjurus ke hal teknis dan tentang bisnis yang lebih teknis.

Ok kita lihat contoh suksesnya orang yang bagus dalam buat konten self-help + bisnis. Yaitu Handry Satriago (CEO GE), saya lagi baca bukunya memang.

Saya lihat blognya itu jarang sekali update, http://www.handry-satriago.com/, mungkin bisa saya simpulkan blognya ini tidak memberikan "benefit" apa apa buat beliau. Benefit itu bukan hanya uang loh ya, melihat suatu posting blog dilihat 1000 orang itu udah benefit yang tak terkira loh rasanya.

Tapi si pak Handry ini sangat aktif di Youtube dan Instagram, berarti 2 media ini lebih memberikan value ke beliau.

Atau apakah karena menulis itu lebih susah dibandingkan bikin video? ah tidak juga. buku yang saya baca adalah bukti kalau beliau suka nulis, meskipun katanya itu hanya dibukukan dari twit twit nya doi, tapi artinya kan nge-twit itu nulis toh?

lalu kita coba cek siapa sih blogger terkenal di Indonesia?

Saya ingat sekali, waktu kuliah dulu blog nya si Raditya Dika dan Pidi Baiq sempet nge-hits. Tapi dimana mereka sekarang? sepertinya Raditya Dika lebih fokus ke Youtube dan Pidi Baiq gatau fokus ke apa. lalu siapa lagi ya?

Tapi kalau di luar negeri, banyak sekali blogger-blogger yang tetep konsisten dan dibuku-kan. Seperti the Daily Love, Unbranding, dan masih banyak lagi..

Ya begitulah kalau mau nulis blog niche bisnis dan self help, siap siap perih ga ada yang view ya...

3 komentar:

  1. jenis blog seperti ini saya suka kang, karena pemilik blognya pasti sudah berhasil, nah kisah2nya ini menarik buat dipelajari. Terimakasih kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillah. yang begini nih yang bikin semangat. sy sampai kenalan via FB sama mas Priangga ini. beliau jg Blogger jg dan Youtuber. cekidot: https://www.youtube.com/channel/UCZZ4fzRjKWE3bkbM_7NxXNw/

      Hapus
    2. Hehe aku masih belajar kang

      Hapus