My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mengahafal Al-Quran Lagi

Jujur saja saya itu lemah dalam mengingat dan menghapal, makannya saya sering sekali mencatat. Saya punya buku catatan yang saya bawa bawa terus setiap hari, dan blog ini pun salah satu upaya saya mencatat hal hal penting, khawatir lupa.

menghafal Al-quran di usia 30
menghafal Al-quran di usia 30


Menyambut bulan puasa ini saya menjadi semangat untuk menghafal surat surat Al-Quran, padahal sebelumnya saya sangat pesimis untuk memulai, karena saya lemah dalam mengingat. Apa titik baliknya?

Titik baliknya pas saya baca buku, disebutkan bahwa kalau anda meninggal dalam upaya menghafal Al-Quran itu pahalanya gede banget loh, meskipun anda belum hafal Al-Quran nya! ah benar juga saya pikir. Ga mungkin Allah azza wajalla tidak menilai proses! Tidak mungkin Allah hanya menilai hasil. Saya jadi teringat hadits tentang orang yang membunuh 99 orang (silahkan googling sendiri ya).

Dengan ini saya jadi semangat untuk ngapalin Al-Quran, saya akan mulai lagi dari juz Amma. Dulu waktu kecil sebenarnya saya hampir hafal Juz Amma, tapi dasar manusia pendosa, makin ke sini makin lupa.

Apa metode yang akan saya gunakan untuk ngapali Al-Quran?

Dengar Mp3 Alquran

Ini metode klasik banget, tinggal bawa Mp3 player yang diisi hanya 1 ayat Alquran yang mau dihafal. Puter terus menerus. Kalau lg depan komputer, puter Mp3 Al-qurannya di PC/Laptop, jadi teman sebelah bisa denger.

harapannya dengan ini, masuk ke alam bawah sadar kita, secara tidak langsung kita akan bisa menghafalnya. Tapi jangan harap dengan hanya mendengarkan, anda langsung hafal loh ya, anda harus praktek! praktekkan dengan membaca sendiri dengan keras, atau membaca sambil pakai Al-Quran..

Oya saya akan menghafal dimulai dari surat Al-A'la

Ngaji bareng anak

Anak saya belum bisa ngaji, tapi kaget saya ternyata anak saya udah hafal KULHU! karena memang didengarkan terus menerus sebelum tidur, alhasil hafal sendirinya.

Kenapa tidak saya coba aja ngapalin bareng anak saya? jadi saya ngaji berulang ulang, anak saya denger berulang ulang. Menyelam sambil minum air. Sekaligus kompetisi juga, siapa yang lebih duluan hafal?

Tentukan Target

Jujur, saya ga muluk2 untuk target ngapalin surat Al-Quran ini, saya tidak akan tetapkan target waktu, target saya juzz 30 hafal! terserah butuh 1 minggu kek, 1 bulan kek, 2 bulan kek, 3 bulan kek, 1 tahun kek, terserah. Yang penting 2 metode di atas akan saya coba terus dengan konsisten.

Sebenernya ini salah! jadi saya sarankan ke anda, perlu ditargetkan kuantiti atau kualiti beserta waktunya. Karena dimana mana target yang baik adalah target yang terukur seperti itu.

Kenapa saya tidak menentukan target waktu? jujur karena saya ga berani. hehe. Karena saya biasanya kalau sudah menentukan target, sepenuh tenaga saya akan coba gapai tujuan itu, tapi tahun ini saya sedang lagi banyak pikiran sekali, khususnya soal "pivot" bisnis menghadapi pandemik Covid-19


0 Response to "Mengahafal Al-Quran Lagi"

Posting Komentar