" " Rich Dad's Guide to Investing - Chapter III | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Rich Dad's Guide to Investing - Chapter III

wuihhh sudah lamanya tidak menulis di blog ini.
sekarang saya mau melanjutkan artikel tentang buku Kiyosaki: Rich Dad's Guide to Investing
Sebelumnya saya sudah ulas Chapter I dan Chapter II, silahkan dibaca terlebih dahulu.


Pebisnis sejati

Menurut Kiyosaki, pebisnis sejati setidaknya harus memiliki 5 sifat sebagai berikut:
  1. Visi: mampu melihat kedepan yang tidak mampu dilihat oleh orang lain
  2. Keberanian: siap bertindak menghadapi apa yang di depannya, dan berani menanggung segala resiko dari keputusan yang dipilih. Karena rasa takut hanya akan membuat dunia anda terasa sempit
  3. Kreativitas: melihat dari sudut pandang yang berbeda
  4. Menanggung kritik: tidak ada satupun di dunia ini orang hebat yang tidak dikritik, biasakanlah menerima kritik sebagai "obat"
  5. Menunda rasa puas: ingatlah selalu pencapaian jangka panjang

Dalam membangun suatu bisnis kita haruslah membuat suatu sistem, bukan hanya terfokus pada produk ataupun profit. Suatu bisnis jika hanya mementingkan profit, bisnis tersebut tidak akan bertahan lama, sebaliknya jika suatu bisnis memiliki misi untuk tetap terus memuaskan pelanggan, bisnis akan mampu bertahan lama dan uang akan datang dengan sendirinya. Selain itu, sesungguhnya produk merupakan hal yang paling tidak penting dalam menjalanan suatu bisnis. Sebagai contoh, hamburger buatan McDonald bukanlah merupakan burger ter-enak sedunia, tetapi produk mereka mendunia, hal itu dikarenakan sistem bisnis yang hebat ada di balik McDonald.

Bangunlah suatu sistem yang baik dalam bisnis anda. Trial & error adalah metoda patut diterapkan untuk membangun suatu sistem bisnis anda: coba-coba --> evaluasi --> perbaharui --> coba-coba --> evaluasi --> perbaharui --> coba-coba --> dst.

Kiyosaki menyarankan jika ingin mengetahui sistem bisnis yang baik, cobalah dengan membeli waralaba dalam permulaan bisnis anda. Sistem bisnis waralaba dapat diasumsikan sudah memiliki sistem yang kuat, sehingga pelajaran bagus bagi kita jika ingin membangun bisnis yang lain.

Sistem bisnis yang baik adalah seperti sebuah mobil, siapapun bisa mengendarainya, akan tetapi hanya ada 1 nama di STNK-nya. Indikatornya adalah jika anda pergi berlibur jauh dalam waktu yang lama, apakah bisnis anda akan tetap bergulir seperti biasa? jika iya, berarti sistem bisnis anda sudah baik.

Pemimpin

Seorang pebisnis sejati pasti seorang pemimpin yang baik, tetapi seorang pemimpin yang baik bukan berarti seorang pebisnis sejati. Tugas pemimpin adalah membuat orang lain tampil sebaik mungkin, bukan menjadi orang yang terbaik/paling pintar. Sebagai contoh, jika ada suatu pekerjaan di kantor anda dan hanya boss anda yang faham betul tentang itu, berarti dia bukanlah pemimpin yang baik. Boss yang baik seharusnya "tidak tahu apa-apa" tetapi dapat mengontrol orang yang mengetahui segala sesuatu.

Pemimpin harus memilki 3 sifat:
  1. Pemimpi: melihat tujuan yang ingin dicapai di depan
  2. Pemandu sorak: mampu membawa tim-nya melakukan sesuatu dengan baik
  3. Mandor: mampu membuat keputusan yang kritikal
Pemimpin hebat harus memiliki penampilan yang baik, karena penampilan adalah komunikator yang kuat, terutama first impression. Ingat, first impression hanya terjadi 1x. Penampilan yang dimaksud disini tidak melulu harus penampilan dengan jas, dasi, celana katun dlsb. 


=======
Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya ambil dari Chapter III buku Rich Dad's Guide to Investing. Silahkan berkunjung ke Chapter IV.