My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Owner Sakit, Bisnis Tetep Jalan?



Ketika postingan ini ditulis, saya lagi kurang enak badan. bed-rest dari bada subuh sampai siang. Tapi alhamdulillah bisnis saya masih tetap jalan.

2 tahun awal full-time bisnis, kalau saya sakit, bisnis ga akan jalan. Karena semuamuanya masih saya kerjakan sendiri. Apalagi ketika belum punya karyawan. semuanya saya lakukan sendiri. Ketika punya 1-2 karyawan pun, sempat ketika saya sakit, bisnis ga jalan 100%. Makannya dulu lebih baik nutup toko, atau saya paksain meski lagi sakit. begitulah. Saya rasa hampir semua orang mengalami hal yang sama.

Kalau anda sudah FULL-TIME bisnis 2 tahun lebih dan masih jadi "superman" berarti anda lebih buruk dari saya. mungkin ada yang salah dengan bisnis anda. entah kurang profit, entah kurang laku, dan lain sebagainya. ini kalau FULL-TIME loh ya.. kalau part-time bisnis sih, 2 tahun masih superman wajar wajar saja.

Beruntungnya saya, qodrallah, partner saya adalah istri saya. partner di bisnis, partner di rumah, partner di segala hal. Kalau saya sakit, doi bisa backup saya. begitu juga sebaliknya. alhamdulillah..

Jadi jika anda masih mengalami bahwa jika anda sakit dan bisnis gak jalan.. saran saya lakukan ini:

1. Cari Partner

Sepengalaman saya, cari partner bisnis itu paling besar peluangnya adalah mencari teman sekolah / kuliah dulu. Saya beberapa kali ngejalanin bisnis engan teman kuliah. ada yang berhasil ada yang tidak, tentunya. Tapi teman kuliah itu, lebih berpeluang untuk "mau" daripada anonym


2. Cari karyawan

kalau bisnis anda sudah menghasilkan 2/3 UMR profit dalam 3 bulan terakhir, sudah saatnya nyari karyawan. kenapa 2/3 UMR? ya ini ngarang aja sih. karena gaji karyawan saya kalau dirata-ratain adalah 2/3 UMR


3. Bikin list pekerjaan untuk delegasi

ini detilnya ada di video ya, silahkan tonton video di atas.

0 Response to "Owner Sakit, Bisnis Tetep Jalan?"

Posting Komentar