My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Buku di Masjid untuk apa?

Di masjid banyak Quran, wajar.. itu pun saya liat jarang habis sedang dipakai, kebanyakan jadi pajangan saja.

Di beberapa masjid yang ada di sekitar saya, bahkan bukan hanya Quran, tapi ada buku juga.. Bukunya macem2.. Tentu kebanyak buku agama ya.. Banyaknya sih sepintas saya baca, buku buku terkenal yang terjemahan.. Seperti.. Riyadush Shalhihn.. yang lainnya apa ya? duh lupa.. yang jelas kalau baca, familiar aja judul bukunya sering dimention di ceramah ceramah..

Sekarang gini.. Quran aja jarang ludes. apalagi buku bacaan.. Logikanya, banyak mana, orang baca Quran atau baca buku kitab sepreti itu? ya jelas banyakan baca Quran..

Heran saya, apa yang ada di benak DKM ya.. buku buku tersebut untuk apa ya? pajangan doang..

Jujur aja, saya sebagai "penggila buku", memang ada niatan pengen baca tuh buku.. Tapi gak mungkin habis dalam 1 waktu, lebih baik saya bawa ke rumah, baca di rumah atau di mana saja. Kalau harus dikembalikan lagi ke rak, rasanya susah deh. Soalnya kan di masjid ini bukan kaya di perpustakaan, yang sudah tertata.. jadinya saya males juga untuk memulai bacanya..

Nah saya aja si penggila buku malas, apalagi orang lain?

Penggila buku jumlah nya ga banyak.. Lebih dikit lagi yang nongkrong di masjid.. lebih dikit lagi yang kehabisan buku bacaan.. Jadi menurut saya, kemungkinan buku yang ada di masjid dibaca secara "sukarela" itu sangat sangat sangat kecil sekali. hayoh?

Praduga saya.. buku buku tersebut mungkin baru dibaca ketika ada kajian tertentu, yang spesifik membahas tentang buku itu...

atau... buku buku tersebut disiapkan untuk pak Ustad yang mau ngisi kajian, jadi tinggal baca deh buku2nya. gampang..

atau...
buku buku tersebut adalah "buangan" dari orang lain, yang di rumahnya udah penuh buku ga pernah dibaca.

nah loh?

wallahualam...

0 Response to "Buku di Masjid untuk apa?"

Posting Komentar