My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menghadapi Kantuk Saat Puasa Ramadhan

Buat saya, tantangan terbesar saat puasa itu bukan lapar, bukan haus. tapi kantuk! kalau gak puasa sih enak, bisa ngopi, tapi kalau lagi puasa....? hayoh.. hehe.

Sepengalaman saya, ini tips supaya bisa melawan kantuk saat menjalankan ibadah puasa...

1. Power Nap

Saat anda bekerja, jika anda ketiduran dan mungkin mengakibatkan fatality, maka solusinya adalah tidur sejenak. atau power nap. karena bahaya sekali.

Contohnya adalah supir truk, jika mengantuk, bahaya sekali kan? yang celaka bukan hanya dirinya, bisa juga pengemudi yang lain..

Contoh lainnya, tukang potong kain. Jika mengantuk, dan tertidur sejenak ketika memotong kain bisa fatal. Bukan hanya keselamatan dirinya yang terancam, tapi rekan kerja yang lain juga bisa kena imbasnya.

Power-nap ini sebenernya teknik yang sudah sangat terkenal, untuk menghilangkan kantuk yang sangat cukup diobati dengan tidur 15 menit saja.

2. Perbanyak wudhu

Tiap ngantuk.. wudhu.. tiap kentut... wudhu.. tiap pipis.. wudhu.. ya! banyakin wudhu. usahakan wudhu terus terjaga selama puasa, bagus kalau 24 jam.. 

Jelas kebiasaan ini baik, kalau menjaga wudhu. dan impak yang terasa langsung adalah kantuk jadi hilang.

Meski ga ngantuk, langsung ambil wudhu! percaya deh, ini pas banget untuk menangkal kantuk..

Perjalanan ke tempat wudhu / WC saja sudah membuat badan bergerak, jadi ga ngantuk.
Lalu air yang kena muka, membuat mata menjadi segar.

3. Nonton video lucu

Ini efektif ngilangin kantuk, tapi bisa berbahaya malah membuat jadi tidak produktif. Kalau anda bisa membatasi diri, dengan mentonton 5~10 menit saja video2 lucu, ini akan jadi efektif. Tapi kalau kantuk hilang eh malah keasyikan nonton Reels, keasyikan nonton Shorts, ini bahaya sekali. Malah jadi ga produkrif. mending tidur aja di awal. ya ga?

0 Response to "Tips Menghadapi Kantuk Saat Puasa Ramadhan"

Posting Komentar