My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menghadapi Stress dalam Bisnis



Menghadapi pressure itu sehari hari makanan saya. Bukan pressure dari atasan, karena saya paling atas. hehe. tapi pressure dari segala macem aspek. ini pasti dialami oleh semua founder bisnis di dunia ini. mau bisnis kecil kek, mau bisnis besar kek.

Jadi, pebisnis + founder itu merupakan personal dengan skill yang paling lengkap dan pressure paling tinggi.  Saya tekankan, pebisnis + founder ya. Kalau pebisnis doang, belum tentu dituntut skill yang lengkap, contohnya orang yang meneruskan bisnis orang tuanya. 

Skill paling lengkap itu karena memang kebutuhan, memulai suatu usaha pasti awal2 dikerjain sendirian semua. Ya maka wajar banget, founder harus belajar semua hal. Mulai dari finance, opertation, marketing, pergudangan, produksi, negosiasi, leadership.. daaann masih banyak lagi..

Skill yang lengkap karena kebutuhan dari berbagai aspek. Mengetahui berbagai aspek, konsekuensinya menghadapi tekanan dari mana mana. Kalau ngerti finance, anda akan tau apakah keuangan anda merah atau hijau, ketika merah tentu jadi tekanan buat anda. Ketika mengerti aspek produksi, anda akan tau mana produksi yang baik mana yang rawan reject, sehingga anda terpaksa harus membuat sistem supaya kemungkinan produksi reject bisa ditekan. daaaannnn seterusnya..

Itulah mengapa kalau founder bisnis itu pressure nya tinggi sekali, sangat rawan stress..

Saya mengalaminya sendiri, mungkin stress setiap hari kali ya.. Sempat beberapa kali mudah sakit, mungkin gara2 stress. Sempat juga mudah maag.. Tapi sekarang2 udah mulai bisa diatasi. Mungkin karena sudah terbiasa, dan juga mungkin karena saya sudah mulai rutin olahraga setiap hari.

kasus stress ini saya rasa berlaku untuk segala bisnis. Mau bisnis offline, mau bisnis online, mau bisnis kontsruksi, bisnis cafe.. apapun.. Makannya menurut saya, sangat salah buat orang yang bilang bahwa bisnis online itu enak! sama aja! sama sama susah. Sama sama stress. hehe

Ini solusi versi saya untuk menghadapi stress dalam bisnis..

1. Baca buku!
maksud saya bukan cari buku yang bisa menghibur ya. Tapi cari buku bisnis. Perluas sudut pandang anda tentang bisnis, harapannya anda akan lebih mudah mendapatkan solusi dalam setiap masalah yang dihadapi.

Pebisnis itu temannya buku. TIdak ada pebisnis hebat yang tidak baca buku.

Dengan baca, anda jadi berilmu. Dengan ilmu anda bisa menguasai masalah. Dengan terkuasainya masalah stress anda akan hilang..

Bayangkan anda ga bisa naik mobil, tapi disuruh nyetir mobil. Stress kan? makannya harus tau ilmu naik mobil dulu

sooo.. baca buku! mulai sekarang.

2.  Punya partner
kalau bisnis masih sendirian, itu bagus. Kalau punya partner, itu SUPERB! saya mengalami sendiri, partner saya (istri saya), sangat sangat membantu saya dalam bisnis. Meskipun doi ga ngerti apa yang saya bilang, tapi jadi tempat curhat saja sudah sangat membantu. Begitu juga sebaliknya, kadang saya juga ga mau ngerti tentang apa yang dia sampaikan (soal pajak / hukum / dlsb), tapi tetep aja dia ocehkan juga. jadinya kami saling bahu membahu, meringankan beban masing2.

3. kerjakan yang mudah
ada tips bagus yang saya dapat dari buku Getting Things Done. yaitu 2 minute rules! segera selesaikan pekerjaan yang hanya menghabiskan waktu 2 menit.. ga pakai ditunda..

Semakin sedikit to do list anda, semakin mudah anda lepas dari tekanan stress..

ga pakai tunda, segera kerjakan!

--

semoga bermanfaat

terima kasih

[]

0 Response to "Tips Menghadapi Stress dalam Bisnis"

Posting Komentar