My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Ngajarin Anak Menjaga Rahasia?

Saya lagi baca berbagai buku parenting.. Mungkin udah 10 buku lah dalam 3 bulan terakhir. udah ketemu beberapa "pola" dan kesamaan dari semua buku yang saya lahap. Ada yang bikin saya "bingung", dari semua buku tersebut menyebutkan tentang Nabi Muhammad SAW mengajarkan anak untuk menjaga rahasia, kisahnya specific kepada Anas bin Malik.

Ke-shahihan untuk ngajarin anak nyimpen rahasia gak perlu diragukan lagi.. Tapi yang saya bingung mau praktekkannya gimana.. Rahasia apa yang harus saya sampaikan ke anak saya ya? hehe

beneran rahasia yang saya punya. atau rahasia yang dibuat2?

Kalau rahasia yang dibuat-buat, tanggung jawabnya ga besar sih.. Mungkin juga untuk suatu hal yang ga penting. Jadi apakah cukup mendidik? misal kesepakatan saya dan anak menyimpan mainan di suatu tempat tertentu. Ini kan ga penting2 amat. Saya juga mungkin lupa. anak saya juga menyimpan rahasia tersebut bukan karena ga mau membuka rahasia, tapi karena lupa aja. hehe. ya ga?

Tapi kalau rahasia yang saya punya gimana? yang kemungkinan besar kan adalah aib saya sendiri. Gak mungkin saya menyampaikan aib orang lain sebagai rahasia, kan ga boleh mengorek2 aib orang.. eh aib sendiri juga kan ga boleh kan ya?

Nah kalau nyimpen rahasia ini, tanggung jawabnya besar. anak juga akan tahu bahwa "oh si ayah kaya gitu", dia menyimpan karena ada niat supaya memang ga ingin orang lain tau. Jadinya bertanggung jawab. Ini rasanya bagus banget untuk ngedidik anak.. tapi saya gak mau aib saya dikasih tau ke anak saya.. tapi nanti kalau terjerumus ke dosa membuka aib gimana?

hehe masih bimbang..

kemungkinan besar soal hal ini belum saya praktekkan dulu..

Balik lagi ke awal, dengan banyak baca buku parenting Islami, ternyata saya bisa melihat irisan dari setiap buku. Dan hal hal yang dimention di semua buku kemungkinan besar akan saya praktekkan. Karena kemungkinan besar shahih.. Saling menguatkan. Wisdom of the crowd bahasa kerennya..

Semoga kita semua dikaruniai anak yang soleh solehah. amin

0 Response to "Ngajarin Anak Menjaga Rahasia?"

Posting Komentar