My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Haruskah Online Shop Berhutang ke Bank?

Saya ga akan bahas soal agama ya di sini, bukan kapasitas saya.

Saya bisa banget salah.

apakah saya ngutang ke bank? tidak.


ok kembali ke judul.. Kalau anda pebisnis online shop, dan lagi berpikir untuk ngutang ke bank? berikut beberapa pertimbangan menurut saya.

Ngutang ke bank = JAGO

Ini konteksnya jika berjualan di marketplace, dimana perang harga adalah suatu yang tidak bisa dihindari. Memang nature nya marketplace seperti itu.

Baynagkan ada si A, dia ngutang di Bank. dan si B, tidak ngutang di bank. A & B berjualan barang yang sama, dengan supplier yang sama. katakanlah harga modalnya adalah 50rb..

Aslinya, buat si A, harga modalnya itu tidak 50rb. tapi 50rb + bunga bank. Biar sederhana anggap bunga bank = 10%, jadi HPP asli bagi si A adalah 55rb. Sedangkan buat si B, ya HPP nya tetep sama 50rb.


Jika A dan B jual dengan harga yang sama, katakanlah 75rb. artinya si A dapet margin yang lebih tipis daripada B. Inilah yang ngebuat si A itu jadi "jago", jika dia bisa bertahan. Jika bisnis dia berkembang ngalahin si B.

Faham ya? ngutang ke bank membuat anda harus lebih jago dalam ngolah margin yang lebih tipis, harus lebih jago jualan.

Ngutang ke bank = dipaksa pembukuan

Meskipun saya belum pernah ngutang langsung ke bank, tapi saya yakin kalau mau ngutang ke bank pasti diminta pembukuan bsinisnya.

Dengan ngutang ke bank, anda dipaksa untuk bikin pembukuan itu, dengan serius! ya iya lah harus serius, kalau ga serius nanti ditolak dong pengajuannya.

Dimana saya perhatikan, banyak pemula yang "malas" untuk melakukan pembukuan. Sayang banget.

Dengan ngutang ke bank, anda "dipaksa" untuk teru menerus melakukan pembukuan bisnis anda. ini sisi positifnya. Tepi tentu lebih super, tanpa harus ngutang, tapi udah melakukan pembukuan sendiri

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, menurut saya ngutang ke bank itu bagus. Secara teori akan membuat bisnis anda berkembang. Untuk yang muslim, saya sarankan untuk ngutang ke Bank Syariah.

Apakah saya juga akan berhutang dalam waktu dekat? sejujurnya belum ada rencana..

Loh kok bilang bagus tapi ga mau melakukan? saya pernah berhutang, hidup saya jadi ga tenang, makannya belum berani. hehe

--

sekian, semoga ada manfaatnya.

0 Response to "Haruskah Online Shop Berhutang ke Bank?"

Posting Komentar