My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Akankah MIxue Bertahan?

di Bandung lagi dibombardir oleh gerai Mixue yang dibuka dimana-mana... saya gak tau di kota lain, katanya sih di Jakarta juga, tapi saya tidak membuktikan sendiri.

Saya cuma 1x nyobain, waktu itu beli eskrim di Mixue BuahBatu Park..

Tulisan ini saya mau coba ngomentarin si Mixue ini dari segi bisnis.. terlalu cepat.. progresif sekali.

Setidaknya ada 5 gerai Mixue yang saya tau.. dan itu daerahnya berdekatan, mungkin radius 5 km saja.. Berarti tiap Mixue bersaing antara 1 dan lainnya.

Apakah ini franchise? saya rasa bukan.. karena Mixue ini terbilang "baru", meski di bannernya ngkelaim berdiri sudah lama. Katanya sih itu di Vietnam, bukan di Indonesia. Maka praduga saya gerai2 Mixue yang dibuka di Bandung adalah ya punya Mixue sendiri, alias ngemodal dari Mixue pusat.

Sewa toko pinggir jalan di Bandung itu setidaknya 50jt/tahun. karena ruko saya aja gak di pinggir jalan utama, sewanya 55jt/ tahun. Biar mudah anggaplah se bulannya adalah 5jt.

Karyawan di tiap gerai, gak mungkin 1. minimal 3 menurut saya, dengan gaji katakanlah 2.5jt/bulan. maka karyawan adalah 7.5jt/bulan.

Maka total OPEX minimal si Mixue adalah 7.5jt/bulan.

Untuk CAPEX, renovasi, alat dan mesin, setidak2nya menurut saya 100jt mah ada.

Dengan struktur investasi seperti itu, ditambah saling bersaing antara 1 gerai Mixue dengan yang lainnya, menrutu saya Mixue ini statusnya lagi "bakar uang" lagi nyari traction.

Pertanyaannya berapa lama Mixue bisa bertahan dengan mode bakar uang?

Prakiraan saya 2-3 tahun akan tewas kalau terus menerus kaya gini.

Belajar dari Upnormal, 5 tahun udah banyak yang tewas. Maka prakiraan saya tersebut cukup masuk akal dan logis.

Gimana menurut anda?


0 Response to "Akankah MIxue Bertahan?"

Posting Komentar