My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Akankah MIxue Bertahan?




di Bandung lagi dibombardir oleh gerai Mixue yang dibuka dimana-mana... saya gak tau di kota lain, katanya sih di Jakarta juga, tapi saya tidak membuktikan sendiri.

Saya cuma 1x nyobain, waktu itu beli eskrim di Mixue BuahBatu Park..

Tulisan ini saya mau coba ngomentarin si Mixue ini dari segi bisnis.. terlalu cepat.. progresif sekali.

Setidaknya ada 5 gerai Mixue yang saya tau.. dan itu daerahnya berdekatan, mungkin radius 5 km saja.. Berarti tiap Mixue bersaing antara 1 dan lainnya.

Apakah ini franchise? saya rasa bukan.. karena Mixue ini terbilang "baru", meski di bannernya ngkelaim berdiri sudah lama. Katanya sih itu di Vietnam, bukan di Indonesia. Maka praduga saya gerai2 Mixue yang dibuka di Bandung adalah ya punya Mixue sendiri, alias ngemodal dari Mixue pusat.

Sewa toko pinggir jalan di Bandung itu setidaknya 50jt/tahun. karena ruko saya aja gak di pinggir jalan utama, sewanya 55jt/ tahun. Biar mudah anggaplah se bulannya adalah 5jt.

Karyawan di tiap gerai, gak mungkin 1. minimal 3 menurut saya, dengan gaji katakanlah 2.5jt/bulan. maka karyawan adalah 7.5jt/bulan.

Maka total OPEX minimal si Mixue adalah 7.5jt/bulan.

Untuk CAPEX, renovasi, alat dan mesin, setidak2nya menurut saya 100jt mah ada.

Dengan struktur investasi seperti itu, ditambah saling bersaing antara 1 gerai Mixue dengan yang lainnya, menrutu saya Mixue ini statusnya lagi "bakar uang" lagi nyari traction.

Pertanyaannya berapa lama Mixue bisa bertahan dengan mode bakar uang?

Prakiraan saya 2-3 tahun akan tewas kalau terus menerus kaya gini.

Belajar dari Upnormal, 5 tahun udah banyak yang tewas. Maka prakiraan saya tersebut cukup masuk akal dan logis.

Gimana menurut anda?


Review Bisnis Mixue di Indonesia dan Dampaknya terhadap Kompetisi Bisnis

Di Indonesia, Mixue merupakan salah satu bisnis minuman yang sedang populer saat ini. Bisnis ini menawarkan model bisnis franchise yang dapat ditemukan di banyak lokasi dalam radius 3 km. Namun, hal ini juga dapat menimbulkan persaingan yang tidak sehat dengan bisnis sejenis di sekitarnya.

Masalah

Model bisnis Mixue yang berlokasi berdekatan dengan radius 3 km dan model daily food dapat memicu persaingan yang tidak sehat. Hal ini dapat menimbulkan kerugian pada beberapa pihak, seperti pengusaha bisnis minuman yang tidak mampu bersaing dengan Mixue.

Solusi

Diperlukan pengawasan dari pihak berwenang untuk menghindari persaingan yang tidak sehat. Selain itu, pihak Mixue juga dapat melakukan pengembangan bisnis dengan model lainnya yang lebih sehat dan tidak terlalu bersaing dengan bisnis sejenis di sekitarnya.

Kesimpulan

Bisnis Mixue yang sedang populer di Indonesia memiliki dampak positif maupun negatif. Untuk mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan semua pihak, diperlukan pengawasan dan pengembangan bisnis yang lebih sehat. Dengan demikian, bisnis Mixue dapat tetap eksis dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan kompetisi bisnis di sekitarnya.

1 komentar:

  1. belajar dari yg produk sebelumnya viral jg seperti es kepal milo atau es capcin .... mereka jg sama kan bnyk jualan dimana2 dan skrg udh banyak yg tutup. masyarakat kita orangnya bosenan dan akan pindah keproduk baru.. dan polanya begitu terus di 10-15 tahun terakhir

    BalasHapus