My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Sentra Inspiring School - Rhenald Kasali

Awalnya saya bingung apa maksud judul dari buku ini, apa kaitannya dengan Rhenald Kasali? saya memang hampir selalu ngikutin buku yang ditulis oleh Rhenald Kasali, biasanya buku tentang bisnis, tapi buku ini ternyata tentang PARENTING.. lebih tepatnya tentang pendidikan dengan metode SENTRA. Metode ini aslinya dari Amerika, nama aslinya BCCT, digubah di Indonesia dengan nama SENTRA.

buku Sentra Inspiring School - Rhenald Kasali
buku Sentra Inspiring School - Rhenald Kasali



Anda pernah denger metode SENTRA? Saya sih baru denger (baca) dari buku ini, lalu ditambah dengan "supplemen" Googling, ternyata saya aja yang katrok, metode ini sudah cukup terkenal.

Prof Rhenald Kasali, menceritakan metode SENTRA ini dari konspetual, metodologi, sampai beberapa aspek2 teknis.

Yang saya tangkep, inti dari metode pendidikan SENTRA adalah belajar sambil bermain. Ini simplifikasi aja, asilnya lebih dari itu..

Secara umum saya setuju sekali dengan "ruh" buku ini, cukup setuju dengan metode SENTRA.. Tapi ada yang cukup mengganjal, yang menggelitik hati.. Sekolah Al-Falah, pioneer metode SENTRA di Indonesia dengan pendirinya ibu Wismiarti Tamin, ternyata aset digitalnya ga keurus!
webnya (saat ini) ga ada, sosmednya juga (saat ini) ga ada.. sayang sekali.. Padahal metode yang bagus, seharusnya bisa dibagikan secara luas ke khalayak banyak.

Buku ini cocok untuk siapa?
  • orang tua yang anaknya mau masuk sekolah
  • guru / calon guru
  • guru PNS --> WAJIB BACA
  • Ustadz --> ustadz kan juga guru. he he
Qodarallah, karena emang anak saya 1 tahun lagi masuk usia sekolah, jadinya baca buku ini sangat membantu sekali menambah khasanah.

Berikut beberapa catatan pribadi saya tentang buku ini, khususnya bagian2 konsep/prinsip tentang pendidikan anak... Seputar teknis tentang apa itu METODE SENTRA silakan anda beli sendiri bukunya ya...

  • Guru tidak boleh marah karena hal itu bisa membuat anak kehilangan nalar. Guru tidak boleh melarang agak anak berani bereksplorasi, bertindak, dan berpendapat. Guru tidak boleh menyuruh atau memerintah agar anak bisa menumbuhkan daya inisiatif dari dalam dirinya.
  • Satu-satunya yang membatasi potensi eksplorasi belajar anak adalah kemampuan guru. Maka, kualiras guru akan sangat menentukan tingkat keberhasilan BCCT.
  • Jangan sampai anak sibuk bermain, senang bermain, tetapi tidak mendapat ilmu.
  • Kesalahan bukanlah sebuah lelucon yang patut ditertawakan. Kesalahan harus diperbaiki dengan serius dan cara yang konkret.
  • ... Sekarang saya jadi mengerti mengapa saat saya sekolah di Amerika Serikat dulu, kalau ada orang yang mengajukan pertanyaan yang menurut saya kurang bermutu, tak ada yang menertawakan. Beda dengan di sini.
  • aktivitas pencarian file atau dokumen oleh karyawab, ternyata menguras banyak waktu. Akibatnya, produktivitas pun turun.
  • ... dia ingin dianggap sebagai orang yang pintar, sehingga berbohong....
  • Kenapa ada orang yang secara akademik sangat pintar, tetapi tidak konsisten? masalah pendidikan usia dini.
  • Para sahabat Nabi Muhammad adalah sosok yang ada di tahap understanding. Itulah wujud dari kecerdasarn spiritual yang merupakan kecerdasan tertinggi manusia
  • Seseorang yang memiliki IQ tinggi, belakangan diketahui bisa saja gagal memecahkan masalah yang dihadapinya. Bukan karena kapasitas otaknya yang tidak mampu, melainkan karena dia gagal mempersiapkan dirinya untuk masalah itu. Ujung-ujungnya mereka mudah stres, misalnya, sehingga kemampuang IQ-nya pun tidak bisa digunakan secara optimal.
  • ...understanding.. semua persoalan yang akan datang dalam bentuk apapun dapat diselesaikan serta mampu membuat keputusan yang bermanfaat.

0 Response to "Review Buku: Sentra Inspiring School - Rhenald Kasali"

Posting Komentar