My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Beda Omset Penjualan (GMV) dan Omzet Penjualan Langsung (GMV Langsung) iklan Shopee



Kalau untuk tips2 iklan Shopee, anda bisa cek di sini:


Jadi di iklan Shopee itu ada 2 metrics yang mungkin membuat orang bingung.. yaitu Omset Penjualan (GMV) dan Omzet Penjualan Langsung (GMV Langsung).

GMV itu apa? GMV itu singkatan dari Gross Merchandise Value.. Secara umum sama saja dengan omset.. Komponennya = Harga barang - diskon - voucher + ongkir + asuransi + PPN (jika ada)

jadi simplenya, jumlah yang ditransfer oleh si customer = GMV.

apa itu Omset Penjualan (GMV) di iklan Shopee? ini adalah angka omset yang anda hasilkan dari iklan tersebut. BELUM TENTU membeli produk yang anda iklankan..

sebagai contoh, jika anda mengiklankan produk A. Calon customer mengklik iklan A tersebut, tapi kurang dari 7 hari, doi malah checkout produk B. Yang dihitung tentu omset dari pembelian produk B, bukan produk A.

Kalau doi checkoutnya A + B, yang dihitung adalah seluruh omset yang dihasilkan.

apa itu Omzet Penjualan Langsung (GMV Langsung) iklan Shopee? angka omset yang dihasilkan dari penjualan produk yang diiklankan.

Misalkan anda mengiklankan produk A, lalu calon customer klik iklan tersebut. lalu dalam kurang dari 7 hari, ybs checkout produk A. Nilai transfernya dihitung sebagai GMV Langsung, kalau doi checkout juga produk B, nilai omset dari produk B tidak dihitung di GMV langsung ini

Kalau calon customer nge-klik iklan, lalu ga jadi beli. Tapi di kemudian hari dia checkout, tanpa klik iklan, bagaimana? jika kurang dari 7 hari semenjak dia klik iklan terkahir, ini masih masuk ke perhitungan GMV atau GMV langsung. Mau produk apapun yang dia checkout, masih kehitung..

Jadi intinya selama calon customer ngeklik iklan kita kurang dari 7 hari, Shopee akan "melacak" terus aktivitas si calon customer. Jika checkout di toko kita, maka akan dihitung ke metrics iklan.

Kenapa ini penting? ini penting sekali. Pada umunya GMV akan lebih besar daripada GMV langsung.

Semakin besar jarak antara GMV dan GMV langsung, artinya customer bukan hanya suka produk yang anda iklankan, tapi suka juga dengan produk lainnya. Artinya produk anda memang disukai.

Ini nyambung ke teknik cross selling + jual rugi, baca: Tips Jual Murah / Jual Rugi

GMV vs GMV langsung di Iklan Shopee
GMV vs GMV langsung di Iklan Shopee

Berapa angka yang bagus? nah sejujurnya ini saya ga tau. Tapi kalau di data saya, rasio antara GMV dan GMV langsung itu sekitar 1.5x. Artinya dari 1 produk yang dicekout oleh customer, doi cekout juga 0.5 produk yang lain..

Silakan cek aja data anda, jika anda lebih baik dari saya, bagus dong.. jika tidak, coba diulik2 lagi masalah pricing dan assortment produk anda.

0 Response to "Beda Omset Penjualan (GMV) dan Omzet Penjualan Langsung (GMV Langsung) iklan Shopee"

Posting Komentar