My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Meningkatkan Traffic Organic di Lazada



Traffic organic adalah yang terbaik, kenapa? soalnya gratis!
Dan sepengalaman saya, jika organic jelek, diiklankan juga akan tetep jelek. Kalau organic bagus, setidaknya disukai oleh algoritma Lazada, diiklankan jadi bagus.

Prinsipnya, kalau kita "nurut" sama Lazada, algoritma Lazada akan suka dengan produk kita.. Gimana caranya? nah ini beberapa tips untuk meningkatkan traffic organic di Lazada

1. Judul produk dan Gambar yang tepat

Bukan judul yang bagus, bukan gambar yang bagus.. Tapi yang TEPAT. apa itu tepat? Sesuai dengan kaidah yang Lazada kasih tau ke sellernya.. 

ini super duper basic, sudah berulang2 saya tulis di blog dan di Youtube. Kudu nurut sama yang punya tempat, kalau konteks ini ya si Lazada.

Harap baca dulu artikel dari Lazada:


2. Skor konten = SEMPURNA

pastikan skor konten anda sempurna, ceknya tinggal liat aja di "Atur Produk"

Skor Konten Lazada
skor konten di Lazada

ga boleh ngeyel! ikuti apa kata Lazada, disitu ada panduannya apa2 saja yang membuat skor konten anda kurang.. tinggal ikuti aja..

Lazada bikin skoring seperti ini bukanlah hal mudah, ga mungkin untuk menyesatkan anda. Dan pasti menjadi faktor penentu produk anda muncul di pencarian organic.

sebenernya bukan hanya Skor Konten yang penting, tapi atribut2 lain juga penting. Jika ada yang jelek menurut Lazada, akan muncul di Assortment Growth

3. Performa toko = bagus

apa itu performa toko bagus? itu udah ada di Seller Center Lazada. udah enak banget, udah ngeliatin kita kurang berapa dan batas bagusnya berapa. Tinggal benerin aja pelan2 supaya melebih batas bagus.

performa toko di Lazada
performa toko di Lazada

skor performa toko di Lazada
skor performa toko di Lazada


Perhatikan itu, ada "Target", udah enak banget! tinggal ikuti aja itu... cari masalahnya, eksekusi solusinya..

Saya lihat banyak yang terjungkil di Waktu Balas Chat dan Jumlah Barang..

untuk Waktu Balas Chat, solusinya itu aktifkan LISA. Lisa itu chatbotnya dari Lazada. Jadi sebelum customer chat dengan kita, akan dilayani dulu oleh LISA. Kalau sudah terjawab oleh LISA, ga akan terhitung waktu respon kita. Jadinya meminimalisir slow respon. Karena itu lumayansusah loh, harus respon maximal 30 menit.


untuk Jumlah Barang, bahasa kerennya itu adalah Parcel Size, atau setiap pesanan itu rata2 pesan berapa produk / berapa pcs.. Solusinya agak susah memang, yaitu anda harus punya produk line dengan variatif harga.. Dari yang murah banget, sampai yang mahal... Jadi harapannya ketika orang melihat produk yang dinginkan, checkout juga produk yang murah.

Atau bisa juga dengan menyediakan produk2 komplementer, atau pelengkap. Misal anda jualan kopi, jual juga alat seduhnya, jual juga gula merah, atau creamer, dan seterusnya.

4. ikuti Belajar dan Tumbuh

Ini penting2 isinya, khususnya bagian yang Tantangan dan Hadiah..

Sejujurnya toko saya belum berhasil menyelesaikan si Tantangan dan Hadiah ini, tapi saya pernah ditelpon oleh RM / VKAM dari Lazada, katanya Tantangan dan Hadiah ini perlu diikuti, supaya trafficnya naik..

Ya saya sih nurut aja. he he..

ini enak banget, tinggal ikuti aja apa maunya si "Belajar dan Tumbuh" ini.

RM = Relationship Manager
VKAM = Virtual Key Account Management

==
semoga ada manfaatnya, selamat praktek.

0 Response to "Cara Meningkatkan Traffic Organic di Lazada"

Posting Komentar