My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menentukan Kata Kunci Iklan Pencarian Shopee

Sebelum mulai baca, anda harus tau bahwa iklan itu bukan segalanya. yang pertama dan utama, adalah atribut produk anda yang sudah bagus.. Kata kunci judul suduh tepat, foto sudah bagus, deskrispi sudah sesuai, kategori sudah sesuai.. baca dulu:


jadi tips ini untuk anda yang sudah lumayan biasa "main" Iklan Shopee ya.. atau minimal udah 3 bulan lah ngulik2 iklan Shopee..

berikut tips saya tentang menentukan kata kunci iklan pencarian Shopee

Generic keyword yang tepat

kalau nentuin generic keyword aja salah, keyword lain bakal ngaco. sebenernya saya bingung mau ngejelasin generic keyword itu gimana.. jd sy lsg kasih contoh aja.

Saya jualan baju muslim anak perempuan syari.. generic keyword saya itu ada 2, yaitu GAMIS ANAK dan BAJU MUSLIM ANAK. bukan GAMIS bukan BAJU MUSLIM, karena akan nyasar ke produk dewasa. harus ada kata "anak" nya.

contoh lain...

jika anda berjualan Case Samsung S20.. generic keywordnya itu adalah Case / Silicon / Tempat HP.. bukan Samsung S20, karena kalau orang search Samsung S20 saja, yang muncul bakalan HP nya..

contoh selanjutnya...

Jika anda berjualan Jilbab Segi Empat, generic keywordnya ya Jilbab / kerudung / khimar.. jangan ngaco malah jadi "scarf"...

intinya, generic keyword adalah kata kata dasar, yang jika kita masukkan sebagai kata kunci pencarian, produk kita ada kemungkinan muncul..

Generic keyword ini ditandai dengan VOLUME PENCARIAN yang besar.

ini kata kunci Jilbab yang dicari di Shopee dalam 30 hari terakhir
ini kata kunci Jilbab yang dicari di Shopee dalam 30 hari terakhir



Long Tail Keyword

Generic keyword nya udah dapet.. lalu lanjutkan cari kata kunci longtail.. Sepengalaman saya, kata kunci long tail ini hampir sama baiknya dengan generic keyword...

apa itu Long Tail Keyword / Kata Kunci Long Tail? penambahan sifat spesifik, dari kata kunci generic. Biasanya sekitaran ukuran, warna, umur, bahan, rasa, lokasi...

contoh long tail keyword:
Generic = gamis anak, long tail keyword = gamis anak putih
Generic = Case Samsung S20, long tail keyword = case samsung S20 silikon
Generic = Jilbab segi empat, long tail keyword = jilbab segi empat motif bunga
daannnn seterusnya...

saya ulangi, kata kunci long tail ini secara umum sama baiknya dengan kata kunci generic. Kenapa? soalnya orang yang memasukkan kata kunci long tail, artinya orang yang udah tau mau beli apa.. sehingga keiinginan belinya lebih tinggi.. Belum lagi ditambah persaingan kata kunci long tail, jelas lebih longgar ketimbang persaingan kata kunci generic..

Orang yang udah tau mau beli gamis anak warna putih, akan menuliskan "gamis anak putih" di kata kunci.. Ga mungkin cuma nulis "gamis anak doang".. yang jualan "gamis anak doang" ada banyak sekali, yang jualan "gamis anak putih" ga sebanyak "gamis anak doang". 

Orang yang search "gamis anak" doang, masih bingung mau beli gamis anak seperti apa, ada kemungkinan ga jadi beli. Tapi kalau orang yang udah spesifik nyari "gamis anak putih" kemungkinan besar dia akan segera belanja.

nih saya kasih liat performa kata kunci saya...

performa iklan kata kunci Shopee

gambar di atas adalah performa kata kunci iklan saya.. diurutkan dari yang menghasilkan omset terbesar..

yang warna merah adalah generic keyword, dan yang warna biru ada long tail keyword. Kalai ditotalkan, long tail keyword hampir menyamai generic keyword. Di beberapa waktu long tail keywor dlebih baik daripada generic keyword.


--

Menentukan kata kunci-nya udah tau, skg bagaimana nentuin biaya per kliknya? baca ini: Cara Menghitung Biaya Per Klik Shopee Iklanku

0 Response to "Tips Menentukan Kata Kunci Iklan Pencarian Shopee"

Posting Komentar